Detail Cantuman Kembali
ANA MARDIANA - Personal Name

HUBUNGANKONSEP DIRI DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019

Ana Mardiana, 2018, Hubungan Konsep Diri dengan Perilaku Agresif Siswa Kelas VIIIdi SMPNegeri4Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi.Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mulawarman. Pembimbing: I. Dr. Hj. Sestuningsih MR,M.Pd.,II.Artyan Dwiyana, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci :Konsep Diri, Perilaku Agresif Konsep diri adalah cara pandang secara menyeluruh tentang diri seseorang yang meliputi kemampuan yang dimiliki, perasaan, yang dialami, kondisis fisik diri maupun lingkungan terdekat. Dalam lingkungan sekolah, konsep diri merupakan salah satu sikap yang penting. Siswa yang memiliki konsep diri yang positif cenderung mampu mengontrol perilakunya dalam berhubungan dengan orang lain, sebaliknya siswa yang memiliki konsep diri yang negatif cenderung tidak mampu untuk mengontrol perilakunya dalam berhubungan dengan orang lain. Agresif merupakan suatu tindakan yang dapat muncul atau dilakukan oleh seseorang dalam kehidupannya. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkanperistiwa pengolokan terhadap temannya sehingga menyebabkan pemukulan dan perkelahiandi SMP Negeri 4 Samarinda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara konsep diri dengan perilaku agresif siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan perilaku agresif siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang terdiri dari dua variabel yaitu konsep diri dan perilaku agresif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa sebagai responden berjumlah286orang siswa, 74orang siswa. Penelitian ini menggunakan analisis spearman rank dengan metode statistic menggunakan bantuan SPSS versi 20.0 for windows yang menunjukkan hasil r hitung 0.838 r 0.227 dan nilai N74. Sehingga dikatakan signifikan atau mempunyai hubungan apabila r table lebih besar dari rtabel yang berarti bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini Ha diterima dengan hasil yang didapatkan karena terdapat hubungan positif yang signifikan antarakonsep diri dengan perilaku agresif siswa, jika konsep diri baik maka perilaku agresif siswa rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan untuk siswa agar meningkatkan konsep diri postif agar dapat mengontrol prilaku dengan orang lain, serta kepada guru pembimbing agar lebih memberikan pelayanan konseling yang dapat menumbuhkan konsep diri siswa yang baik karena konsep diri memiliki pengaruh terhadap perilaku agresif siswa.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGANKONSEP DIRI DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Pengarang ANA MARDIANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua