Detail Cantuman Kembali
Annisa Rahman - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DENGAN MENGGUNAKAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS III SDN 004 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Annisa Rahman, 2018. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Persegi dan Persegi Panjang dengan Menggunakan Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas III SDN 004 Samarinda Tahun Pembelajaran 2017/ 2018. Dibimbing oleh Dr. H. Achmad Ridani, M.Pd sebagai pembimbing I dan Drs. H. Asyril, M.Si, sebagai pembimbing II.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Matematika, Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang, Team Games Tournament (TGT)
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilatarbelakangi proses pembelajaran yang monoton tidak adanya penggunaan model pembelajaran dan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN 004 Samarinda.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun persegi dan persegi panjang dengan model pembelajaran Team Games Tournament pada siswa kelas III SDN 004 Samarinda tahun pembelajaran 2017/2018”.
Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung tiga siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III A SDN 004 Samarinda tahun pembelajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari laki-laki yang berjumlah 13 orang siswa dan perempuan berjumlah 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, observasi aktivitas guru, dan observasi aktivitas siswa.
Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar matematika pada siswa kelas III pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai yang meningkat dari kondisi awal, dengan nilai rata-rata diperoleh 58,71 dengan persentase ketuntasan 40,63% meningkat pada siklus I menjadi 69,03 dengan persentase ketuntasan 62,5% dan peningkatan nilai rata-rata dari kondisi awal ke siklus I sebesar 17,57%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat kembali menjadi 74,91 dengan persentase ketuntasan 78% dan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 8,51%. Pada siklus III nilai rata-rata menjadi 77,49 dengan persentase ketuntasan 90,62% dan peningkatan nilai ratarata dari siklus II ke siklus III sebesar 3,44%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun persegi dan persegi panjang dengan model Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas III SDN 004 Samarinda Tahun Pembelajaran 2017/2018 meningkat.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DENGAN MENGGUNAKAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS III SDN 004 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Pengarang Annisa Rahman - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua