Detail Cantuman Kembali
Fitri Handayani - Personal Name

MAKNA GONG SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI BAGI SUKU DAYAK BENUAQ DI KAMPUNG LAMBING KECAMATAN MUARA LAWA KABUPATEN KUTAI BARAT

Fitri Handayani . 1402055006. Makna Gong Sebagai Media Komunikasi Bagi Suku Dayak Benuaq Di Kampung Lambing Kecamatan Muara Lawa Kabupaten Kutai Barat. Di Bawah bimbingan dari Bapak Drs. Sugandi, M. Si selaku pembimbing I dan Ibu Kezia Arum Sary,S.Ds., M.Med.Kom selaku pembimbing II. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna gong sebagai media komunikasi. Lokasi penelitian di kampung lambing kecamatan muara lawa kabupaten kutai barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan penentuan informan menggunakan purposif sampling,sehingga yang menjadi informan adalah ketua adat dan anggota dari kepengurusan adat yang mengetahui secara mendalam tentang makna gong. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian, adalah dilatarbelakangi atas fenomena gong dalam masyarakat Dayak benuaq. Di Kampung tersebut, gong ini digunakan oleh masyarakat hampir seluruh aspek kehidupan mulai upacara kwangkay, upacarakematian, dalam permulaan erau dan tabuhan gong dalam tanda bahaya. Makna dari gong ini yaitu melalui bunyi atau paduan bunyinya, difungsikan sebagai media komunikasi yang dipercaya dapat mempersatukan hubungan antar warga maupun hubungan warga dengan alam dan dunia supranatural.
Kata Kunci : Makna Gong, Media Komunikasi, Dayak Benuaq.



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MAKNA GONG SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI BAGI SUKU DAYAK BENUAQ DI KAMPUNG LAMBING KECAMATAN MUARA LAWA KABUPATEN KUTAI BARAT
Pengarang Fitri Handayani - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua