Detail Cantuman Kembali
Achmad Fauzi Al Ghiffari - Personal Name

EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN PADA CV. AHMAD NUR INDAH BALIKPAPAN

Achmad Fauzi Al Ghiffari, Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi dengan menggunakan database karyawan untuk meningkatkan keakuratan dalam perhitungan penggajian pada CV. Ahmad Nur Indah Balikpapan. Dibimbing oleh Ibu Anisa Kusumawardhani dan Ibu Yuita Fitria.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sistem penggajian pada
CV. Ahmad Nur Indah Balikpapan, terhadap keakuratan perhitungan yang sebelumnya telah dilakukan oleh perusahaan maka akan diadakan evaluasi untuk mengetahui sistem informasi akuntansi penggajian yang diterapkan benar atau
tidak. Data yang diperoleh dengan menggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Untuk mengetahui sistem penggajian pada CV. Ahmad Nur Indah akan digunakan metode komperatif (perbandingan) dengan alat analisis menggunakan flowchart, yaitu dengan membandingkan antara sistem yang diterapkan oleh perusahaan dengan sistem penggajian menurut teori, yakni berkaitan dengan struktur organisasi, otorisasi, penempatan karyawan dan praktek yang sehat.
CV. Ahmad Nur Indah merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan, sistem otorisasi yang berhubungan dengan pembayaran gaji pada dasarnya tidak sesuai dengan teori yang ada. Ketidak hadiran karyawan tanpa pemberitahuan izin atau sakit akan dilakukan pemotongan gaji yang dapat dilihat pada slip gaji pada bulan yang bersangkutan. Pada bagian pencatatan yang mempunyai data untuk membuat daftar perhitungan gaji, tidak terdapat pada sistem pembayaran gaji pada CV. Ahmad Nur Indah Balikpapan, bagian ini
langsung diserahkan ke personalia, akibatnya dikhawatirkan ada unsur tindakan penyelewengan waktu dan personel.
Daftar dan perhitungan gaji yang sudah diotorisasi oleh pimpinan perusahaan diserahkan kembali kebagian keuangan untuk melakukan pencatatan pengeluaran gaji dan melakukan pengeluaran kas yang sesuai tertera pada daftar gaji. Sedangkan pembayaran gaji karyawan dilakukan oleh bagian personalia. Gaji karyawan diserahkan kepada karyawan dengan bukti terima gaji yang ditanda tangani oleh masing – masing karyawan, bukti dokumen pembayaran gaji disimpan oleh bagian personalia. Dengan demikian kegiatan-kegiatan perusahaan yang menyatakan sistem akuntansi penggajian CV. Ahmad Nur Indah Balikpapan belum sesuai dengan unsur teori yang ada.
Kata Kunci: Penggajian, Sistem, Sistem Informasi Akuntansi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN PADA CV. AHMAD NUR INDAH BALIKPAPAN
Pengarang Achmad Fauzi Al Ghiffari - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua