Detail Cantuman Kembali
AGUS SAPUTRA - Personal Name

UPAYA MENINGKATKANHASIL BELAJAR TEKNIK DASARSERVICE PANJANG BULUTANGKIS MELALUI METODEDRILLPADA SISWA KELAS VIIDISMPNASIONALTIGABAHASADHARMA BHAKTI SAMARINDA

AGUS SAPUTRA, 2017.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teknik DasarServicePanjang Bulutangkis Melalui Metode Drill Pada Siswa Kelas VII SMP Nasional Tiga Bahasa Dharma Bhakti Samarinda tahun pembelajaran 2017/2018.
Dibimbing oleh Muchamad Samsul Huda S.Pd M.Pd, sebagai Dosen Pembimbing I danNurjamal S.Pd M.Pd,sebagai Dosen Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar teknik dasarservicepanjang forehand bulutangkis siswa kelas VII SMP Nasional Tiga Bahasa Dharma Bhakti Samarinda dengan menggunakan MetodeDrill.
Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang diambil yaitu siswa kelasVII SMP Nasional Tiga Bahasa Dharma Bhakti Samarinda Tahun
Pembelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 18siswa/i, dari 18 siswa yang belum mencapai KKM yaitu 14 siswa. Subjek diambil berdasarkan datahasil belajar sebelumnya yang mana lebih dari 77% siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75,00, sehingga penelitian memilih kelas tersebut untuk dijadikan subjek dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tes keterampilan dan pengetahuan, juga mengamati prilaku siswa sebagai penilaian pada aspek sikap.
Analisisyangdiperoleh yaitu nilai rata-rata siswa di prasiklus adalah sebesar66,61 dan siklus I sebesar 73,11. Peningkatan pada prasiklus ke siklus I terjadi peningkatan sebesar 6,5 atau persentase peningkatan sebesar 9,75%. Untuk memperoleh peningkatan yang signifikan, pembelajaran dilanjutkan pada siklus ke II dan diperoleh nilai rata-ratasiswa pada siklus II yaitu 81,44peningkatan yang diperoleh
dari siklus I ke siklus II adalah11,39%. Diperoleh peningkatan keseluruhan dari prasiklus ke siklus II adalah sebesar 14,83 atau presentase peningkatan 22,26%.
Sehingga dapat disimpulkan terhadap peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa kelas VII SMP Nasional Tiga Bahasa Dharma Bhakti Samarinda Tahun Pembelajaran 2017/2018 setelah menggunakanmetodedrill.
Kata Kunci :Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Service Panjang Bulutangkis MelaluiMetode Drill

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UPAYA MENINGKATKANHASIL BELAJAR TEKNIK DASARSERVICE PANJANG BULUTANGKIS MELALUI METODEDRILLPADA SISWA KELAS VIIDISMPNASIONALTIGABAHASADHARMA BHAKTI SAMARINDA
Pengarang AGUS SAPUTRA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua