Detail Cantuman Kembali
RENOV OMPUSUNGGU - Personal Name

PERBANDINGAN MATURASI NATIVE ARTERIOVENOUS FISTULA RADIOCEPHALICA ANTARA 4 MINGGU DAN 6 MINGGU PASCA TINDAKAN OPERASI PADA PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE SAMARINDA

Latar Belakang: Native arteriovenous fistula (AVF) radiocephalica merupakan akses vaskuler permanen untuk terapi hemodialisis. Perbedaan pendapat mengenai waktu maturasi AVF untuk memulai kanulasi dan belum adanya penelitian di Kalimantan Timur mendorong peneleti untuk melakukan penelitian ini.
Tujuan: Mengetahui perbandingan maturasi native AVF radiocephalica antara 4 dengan 6 minggu pasca operasi di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda berdasarkan diameter dan debit aliran darah vena sefalika.
Metode: Penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah pasien PGK yang telah menjalani tindakan operasi native AVFdengan teknik end to side anastomosis secara concecutive sampling yaitu sebanyak 40 sampel. Analisis dilakukan dengan Independent T-test dan uji Mann Whitney.
Hasil: Terdapat 20 pasien yang diperiksa 4 minggu pasca operasi dan 20 pasien yang diperiksa 6 minggu pasca operasi. Pada kelompok 4 minggu pasca operasi didapatkan 15 pasien yang matur dengan diameter 0,499 ± 0,06 cm dan debit 1230,51 ± 485,71. Pada kelompok 6 minggu pasca operasi didapatkan 17 pasien yang matur dengan diameter vena sefalika 0,53 ± 0,085 cm dan debit aliran darah vena sefalika 1682,07 ± 660,25 ml/min. Uji perbandingan dilakukan pada
diameter dan debit aliran darah antara minggu ke 4 pasca operasi dengan minggu ke 6 pasca operasi, didapatkan pada variabel diameter nilai p = 0,425 dan pada variabel debit aliran darah didapatkan nilai p = 0,057.
Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan signifikan nilai diameter dan debit aliran darah vena sefalika yang telah matur antara pasien minggu ke 4 dan minggu ke 6 pasca operasi native AVF radiocephalica.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBANDINGAN MATURASI NATIVE ARTERIOVENOUS FISTULA RADIOCEPHALICA ANTARA 4 MINGGU DAN 6 MINGGU PASCA TINDAKAN OPERASI PADA PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE SAMARINDA
Pengarang RENOV OMPUSUNGGU - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI REN p 2018
Subyek Native arteriovenous fistula radiosefalika
Maturasi, Hemodialisis
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan Kedokteran
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua