Detail Cantuman Kembali
MIRNAWATI - Personal Name

ANALISIS NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR DITINJAU DARI SOSIOLOGI SASTRA

Mirnawati. 2018. Analisis Novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar Ditinjau dari Sosiologi Sastra. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Drs. Akhmad Murtadlo, M.Pd.; Pembimbing II: Syamsul Rijal, S.S., M.Hum.
Kata Kunci : Novel, Surat Kecil untuk Tuhan, Sosiologi Sastra
Pada novel Agnes Davonar menggambarkan dan mencoba memperbincangkan kehidupan manusia yang sedang mencari jalan keluar yang bijak atas permasalahan hidup yang dialami. Novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar merupakan sebuah karya sastra yang tidak cukup dinikmati saja, melainkan perlu mendapat tanggapan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur intrinsik Novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar dan mendeskripsikan masalah sosial Novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar.
Penelitian ini bersifat kualitatif yaitu penelitian yang menguraikan gambaran kata-kata dan simbol-simbol penuh makna bukan angka dan lukisan secara sistematis serta menggunakan metode deskriptif yang penerapannya bersifat menuturkan, mengklarifikasikan, menganalisis data dan menafsirkan.
Hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa unsur-unsur yang membangun Novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar secara fungsional memiliki keterkaitan tema, alur, tokoh, dan latar. Penelitian aspek sosial Novel Surat Keciluntuk Tuhan karya Agnes Davonar dengan menggunakan tinjauan sosiologi sastra menemukan dua hal, yaitu perjuangan, religious (ikhlas dan pasrah), pendidikan dan persahabatan. Setelah menganalisis Novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar disarankan bagi pembaca karya sastra hendaknya bisa menyaring sastra yang sedang dibacanya.







Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR DITINJAU DARI SOSIOLOGI SASTRA
Pengarang MIRNAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua