Detail Cantuman Kembali
HERWIN SATRIA HERMAWAN - Personal Name

MAJAS DAN CITRAAN DALAM LIRIK LAGU FILM KARTUN ANAK ERA 90-AN VERSI INDONESIA : KAJIAN STILISTIKA


Hermawan, Herwin Satria. 2018. Majas dan Citraan dalam Lirik Lagu Film Kartun Anak Era 90-An Versi Indonesia: Kajian Stilistika. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Drs. M. Rusydi Ahmad, M.Hum.; Pembimbing II: Purwanti, S.Hum., M.Hum.
Kata kunci: majas, citraan, makna, lirik lagu, stilistika
Skripsi ini membahas majas dan citraan dalam lirik lagu film kartun anak era 90-an versi Indonesia. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: untuk mendeskripsikan majas, citraan, dan makna dalam lirik lagu film kartun anak era 90-an versi Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan. Data dalam penelitian ini merupakan lirik lagu film kartun anak era 90-an versi Indonesia yang diperoleh dari jejaring video youtube. Data dikumpulkan dengan teknik simak bebas libat cakap dan catat. Data dianalisis dengan menggunakan metode agih dengan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL).
Hasil penelitian ini pertama, lirik lagu film kartun anak era 90-an versi Indonesia memanfaatkan beragam majas, yakni majas penegasan yang berjenis aferesis, repetisi (anadiplosis, anafora, epizeuksis), majas perbandingan yang berjenis antonomasia, hiperbola, metafora, personifikasi, dan majas pertentangan berjenis oksimoron. Penggunaan majas yang paling dominan adalah majas perbandingan jenis hiperbola.
Kedua, lirik lagu film kartun anak era 90-an versi Indonesia terdapat enam jenis citraan, yaitu citraan penglihatan, citraan pendengaran, citraan gerakan, citraan rabaan, citraan penciuman, dan citraan intelektual. Citraan yang mendominasi dalam lirik lagu pada film kartun anak era 90-an versi Indonesia adalah citraan gerakan (kinesthetic imagery). Ketiga, makna yang terkandung dalam lirik lagu film kartun anak era 90-an versi Indonesia terdiri dari makna keinginan, makna berusaha, makna semangat,dan makna religius.



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MAJAS DAN CITRAAN DALAM LIRIK LAGU FILM KARTUN ANAK ERA 90-AN VERSI INDONESIA : KAJIAN STILISTIKA
Pengarang HERWIN SATRIA HERMAWAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua