Detail Cantuman Kembali
RONNY SETYO WARDIANTO - Personal Name

RANCANGAN TEKNIS SISTEM DRAINAGE DAN DEWATERING PIT A PT. KALIMANTAN LESTARI RAHARJA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA KALIMANTAN TIMUR

PT. Kalimantan Lestari Raharja adalah perusahaan kontraktor alat berat yang menangani penambangan batubara. Pada kegiatan penambangan, Air hujan, air limpasan dan air tanah adalah sumber air tambang yang perlu ditangani, karena bisa mengganggu jalannya kegiatan operasional penambangan yang akhirnya mengakibatkan target produksi yang direncanakan tidak dapat tercapai. Oleh karena itu, hujan sangat berpengaruh dan dapat mengganggu kegiatan penambangan. Untuk itu diperlukan sistem penyaliran tambang yang baik dan tepat. Sumber air tambang pada lokasi penelitian sebagian besar berasal dari air hujan yang jatuh pada bukaan tambang dan air limpasan.

Air limpasan yang mengalir pada akhirnya akan terkumpul pada sebuah sumuran yang direncanakan berada pada elevasi terendah pada bukaan tambang bulan tersebut. Setelah diketahui debit limpasannya dengan cachment area 155 hektar, maka dimensi sumuran yang dibutuhkan pada pit A adalah 14.620 m3 . Dari sumuran yang ada sudah dapat digunakan untuk menampung debit limpasannya. Untuk mengalirkan air menuju sedimen pond dibutuhkan pemompaan karena tidak mungkin lagi digunakan gaya gravitasi karena elevasi sedimenpond berada lebih tinggi daripada elevasi sumurannya.

Jenis pompa yang digunakan pada pit A adalah pompa sentrifugal tipe Sykes HH220i, DND 200-5h dan Pioneer Pump, untuk sumuran 1 dan 2 dibutuhkan masing-masing 2 pompa untuk menangani air sumuran. Sedangkan Pada pengkajian desain settling pond pada pit A dengan Kompartemen I, dimensi panjang 36 m, lebar 26, kedalaman 4 m, settling pond ini akan berumur 4,5 bulan dan menghasilkan TSS outlet sebesar 1.855 mg/L, Kompartemen II dimensi panjang 38,140 m, lebar 15,924 m, kedalaman 5 m settling pond ini akan berumur 6 bulan dan menghasilkan TSS outlet sebesar 1.765,40 mg/L, dan untuk kompartemen III dimensi panjang 46,250 m, lebar 43,250 m, kedalaman 6 m settling pond ini akan berumur 9,2 bulan dan menghasilkan TSS outlet sebesar 1.511 mg/L yang melebihi ketentuan pemerintah sebesar 400 mg/L. Diusulkan untuk melakukan redesign dari desain sedimen pond pit dengan menambah settling pond di area Konsesi penambangan. Untuk demensi saluran parit lebar saluran 3,06 m, kedalaman saluran 3,66 m, dengan tinggi air 2,66 m.

Kata Kunci :Debit limpasan,volume limpasan,volume sump, kapasitas pemompaaan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul RANCANGAN TEKNIS SISTEM DRAINAGE DAN DEWATERING PIT A PT. KALIMANTAN LESTARI RAHARJA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA KALIMANTAN TIMUR
Pengarang RONNY SETYO WARDIANTO - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua