Detail Cantuman Kembali
Siti Rahmah Binaiya - Personal Name

PERAMALAN MENGGUNAKAN TIME INVARIANT FUZZY TIME SERIES (Studi Kasus: Indeks Harga Konsumen Provinsi Kalimantan Timur)

Peramalan merupakan suatu teknik untuk memperkirakan suatu nilai pada masa yang akan datang dengan memperhatikan data masa lalu maupun data saat ini. Fuzzy Time Series merupakan suatu metode peramalan yang menggunakan prinsip-prinsip fuzzy sebagai dasarnya, di mana proses peramalannya menggunakan konsep himpunan fuzzy. Penelitian ini, membahas mengenai metode Time Invariant Fuzzy Time Series untuk melakukan peramalan nilai
Indeks Harga Konsumen (IHK) Provinsi Kalimantan Timur bulan Mei 2018. Pada metode Time Invariant Fuzzy Time Series dengan menggunakan distribusi frekuensi untuk menentukan panjang intervalnya, diperoleh 13 himpunan fuzzy yang digunakan dalam proses peramalan. Berdasarkan penelitian ini, dengan menggunakan data IHK Provinsi Kalimantan Timur dari bulan September 2016 sampai dengan April 2018, diperoleh hasil peramalan untuk bulan Mei 2018 adalah 135,977 dan diperoleh hasil nilai error peramalan menggunakan MAPE yaitu sebesar 0,0949%.
Kata Kunci : Fuzzy time series, metode time invariant fuzzy time series, distribusi frekuensi, IHK, peramalan.




Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAMALAN MENGGUNAKAN TIME INVARIANT FUZZY TIME SERIES (Studi Kasus: Indeks Harga Konsumen Provinsi Kalimantan Timur)
Pengarang Siti Rahmah Binaiya - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua