Detail Cantuman Kembali
RIFALDI HERMANSYAH - Personal Name

PENDUGAAN LIMPASAN PERMUKAAN DAN EROSI TANAH DENGAN PENERAPAN KOMBINASI METODE VEGETATIF (JABON-BUNCIS) DAN FISIK MEKANIK (TERAS) DI HUTAN PENDIDIKAN FAKULTAS KEHUTANAN UNMUL SAMARINDA

Rifaldi Hermansyah. Pendugaan Limpasan Permukaan dan Erosi Tanah pada Penerapan Kombinasi Vegetatif (Jabon-Buncis) dan Fisik Mekanik (Teras) di Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Unmul Samarinda (Dibimbing Oleh Karyati dan Sri Sarminah).
Pemanfaatan sumberdaya alam yang melebihi daya dukung lingkungan dan tekanan penduduk terhadap lahan yang tidak disertai dengan usaha konservasi tanah dan air akan menimbulkan ketidakseimbangan lingkungan yaitu terus bertambahnya luas lahan kritis dan terjadinya erosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) besarnya limpasan permukaan dan massa tanah tererosi pada penerapan kombinasi metode vegetatif (Jabon-Buncis) dan fisik mekanik (Teras), (2) untuk mengetahui indeks bahaya erosi (IBE), tingkat bahaya erosi (TBE), dan kelas bahaya erosi (KBE) pada penerapan kombinasi metode vegetatif (Jabon-Buncis) dan fisik mekanik (Teras).
Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan efektif di Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Unmul Samarinda. Sebanyak 2 petak ukur erosi (PUE) yang berukuran 10 m × 3,5 m yaitu petak ukur erosi (PUE I) pada kelerengan curam (25-40%) dan petak ukur erosi (PUE II) pada kelerengan sangat curam (>40%) dengan lahan yang diterapkan kombinasi vegetatif (Jabon dan Buncis) dan fisik mekanik (Teras) serta bidang olah miring kedalam ditambahi parit. Hasil penelitian menunjukkan limpasan permukaan pada PUE I (curam) yaitu 691,77 m 3 /ha/tahun dan PUE II (sangat curam) sebesar 856,28 m 3 /ha/tahun. Sedangkan massa tanah tererosi (MTT) yang didapatkan selama penelitian pada PUE I (curam) 2,22 ton/ha/tahun dan PUE II (sangat curam) sebesar 2,73 ton/ha/tahun. Indeks bahaya erosi (IBE) pada PUE I (curam) memiliki nilai 0,16 dan PUE II (sangat curam) dengan nilai 0,19 kedua petak ukur erosi memiliki nilai yang termasuk rendah. KBE pada PUE I (curam) termasuk dalam kelas I dan TBE sangat ringan yaitu < 15 ton/ha/tahun. KBE pada PUE II (sangat curam) masuk kedalam kelas I dan TBE sangat ringan yaitu < 15 ton/ha/tahun.
Kata kunci : Limpasan Permukaan, Massa Tanah Tererosi, Erosi





Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENDUGAAN LIMPASAN PERMUKAAN DAN EROSI TANAH DENGAN PENERAPAN KOMBINASI METODE VEGETATIF (JABON-BUNCIS) DAN FISIK MEKANIK (TERAS) DI HUTAN PENDIDIKAN FAKULTAS KEHUTANAN UNMUL SAMARINDA
Pengarang RIFALDI HERMANSYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua