Detail Cantuman Kembali
TYARI ANDINI - Personal Name

STUDI TENTANG PEMAHAMAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR DI KELAS XI SMK NEGERI 3 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019

Tyari Andini, 2018. Studi Tentang Pemahaman Layanan Bimbingan Karir di SMK Negeri 3 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Hj. Sestuningsih MR, M.Pd selaku pembimbing I dan Drs. Nicodemus Sere, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Informasi merupakan salah satu hal penting bagi kehidupan manusia. Informasi dapat berguna untuk keberlangsungan dan keperluan hidup maupun untuk perencanaan masa depan. Karir merupakan salah satu bagian dari kehidupan manusia yang berpengaruh pada kebahagiaan hidup manusia secara keseluruhan.
Oleh karena itu, merencanakan atau menentukan karir merupakan hal penting dalam perjalanan hidup manusia. Keputusan memilih suatu karir berada padamasa remaja atau masa sekolah, untuk itu sekolah diharuskan untuk memiliki guru BK yang nantinya akan membantu siswa dalam mencapai cita-citanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman layanan bimbingan karir siswa kelas XI SMK Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif deksritif, dengan variabel tunggal yaitu pemahaman layanan bimbingan karir kelas XI SMK Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Samarinda dengan narasumber yaitu satu guru BK dan dua siswa kelas XI SMK Negeri 3
Samarinda yang belum mendapatkan bimbingan karir di sekolah yang dipilih berdasarkan daftar hadir siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengetahui pemahaman siswa kelas XI SMK Negeri 3 Samarinda tentang bimbingan karir.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan karir pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2018/2019 sudah berjalan dengan baik karena guru BK dan siswa selalu melakukan evaluasi setelah layanan bimbingan karir di kelas yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana program yang telah diberikan dapat dipahami dengan baik oleh siswa. Namun, kurangnya waktu menjadi kendala bagi guru BK dalam memberikan layanan.
Kata kunci : Pemahaman, Bimbingan Karir


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG PEMAHAMAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR DI KELAS XI SMK NEGERI 3 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Pengarang TYARI ANDINI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua