Detail Cantuman Kembali
ANGGITA SAFITRI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN MELALUI MODEL MAKE A MATCH DI KELAS V SDN 015 SUNGAI KUNJANG TAHUN AJARAN 2017/2018

Anggita Safitri, 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPS Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Melalui Model Pembelajaran Make A Match Di Kelas V SDN 015 Sungai Kunjang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dibimbing Oleh Dr. Hj. Sestuningsih, MR, M.Pd sebagai pembimbing I dan Drs. H. La Djangka, M.Pd sebagai pembimbing II.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Proklamasi Kemerdekaan, Make A Match. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar IPS tentang proklamasi kemerdekaan masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:“Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar IPS pada materi proklamasi kemerdekaan melalui model Make A Match di kelas V SDN 015 Sungai Kunjang tahun ajaran 2017/2018?” Tujuan penelitian untuk: meningkatkan hasil belajar IPS pada materi proklamasi kemerdekaan melalui model Make A Match di siswa kelas V SDN 015 Sungai Kunjang tahun ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 015 Sungai Kunjang yang berjumlah 37 siswa terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata, persentase, grafik dan peningkatan hasil belajar. Prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan,pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus, yaitu satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwahasil belajar IPS pada materi proklamasi kemerdekaan melalui model Make A Match di kelas V-B SDN 015 Sungai Kunjang Tahun Ajaran 2017/2018 meningkat.
Peningkatan tersebut dilihat dari nilai dasar ke siklus I dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 14 siswa (37,8%) menjadi 18 siswa tuntas (49%) di siklus I, tetapi belum mencapai persentase ketuntasan klasikal yaitu 75%. Pada siklus I ke siklus II denganjumlah siswa tuntas dari 18 siswa (49%) menjadi 29 siswa tuntas (78%) pada siklus II dengan peningkatan hasil belajar 10,30% di siklus I menjadi 17,28% di siklus II.
Hasil belajar siswa tersebut telah mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 68 danpersentase ketuntasan secara klasikal yaitu 75%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN MELALUI MODEL MAKE A MATCH DI KELAS V SDN 015 SUNGAI KUNJANG TAHUN AJARAN 2017/2018
Pengarang ANGGITA SAFITRI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua