PENGARUH CARA BELAJAR DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT KELAS VII SMP AMINAH SYUKUR SAMARINDA TAHUN AJARAN 2012/2013
Pratiwi, Yuliana. 2015. Pengaruh Cara Belajar dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Pokok Segiempat Kelas VII SMP Aminah Syukur Samarinda Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Drs. Asyril,M.Si dan (II) Dra. Ariantje Dimpudus, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara belajar dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok segiempat kelas VII SMP Aminah Syukur Samarinda Tahun Ajaran 2012/2013.
Jenis penelitian adalah ex post facto. Teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling sehingga diperoleh sampel 136 siswa dari populasi 173 siswa kelas VII SMP Aminah Syukur Samarinda. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang cara belajar dan pola asuh orang tua, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Sebelum penelitian dilaksanakan diadakan uji coba instrument penelitian terlebih dahulu pada siswa di kelas VIIA SMP Aminah Syukur Samarinda yang berjumlah 36 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier ganda dengan taraf signifikan 5%.
Berdasarkan perhitungan analisis deskriptif diperoleh hasil sebagai berikut. Nilai rata-rata cara belajar sebesar 66,35 tergolong kategori sedang dan nilai rata-rata pola asuh orang tua sebesar 62,89 tergolong kategori sedang. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 44,13. Hal ini berarti hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Aminah Syukur Samarinda tergolong rendah.
Hasil analisis inferensial menggunakan regresi linier ganda, diperoleh persamaan penduga Ŷ = -55,788 + 0,551 X1 + 1,007X2. Dengan diperoleh nilai Fhit = 13,848; Ftabel = 3,06 dan p = 0,000. Karena Fhit > Ftabel dan p < 0,05 maka persamaan regresi penduga yang diperoleh berarti pada taraf signifikan 5% sehingga terdapat pengaruh antara cara belajar dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika. R2 = 0,172 menunjukkan bahwa kontribusi cara belajar dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika sebesar 17,2%. Hasil analisis cara belajar diperoleh nilai probabilitas 0,004. Untuk cara belajar diperoleh Karena p < 0,05, artinya koefisien variabel X1 yang diperoleh adalah berarti atau terdapat pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar. Hasil analisis untuk pola asuh orang tua diperoleh nilai probabilitas 0,000. Karena p
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH CARA BELAJAR DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT KELAS VII SMP AMINAH SYUKUR SAMARINDA TAHUN AJARAN 2012/2013 |
---|---|
Pengarang | YULIANA PRATIWI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY