Detail Cantuman Kembali
JENNY CARLINA WANDIRA - Personal Name

KEPRIBADIAN TOKOH AMINAH DALAM NOVEL DERITA AMINAH KARYA NURUL FITHRATI : KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA

Jenny, Carlina Wandira. 2017. Kepribadian Tokoh Aminah dalam Novel Derita Aminah Karya Nurul Fithrati: Kajian Psikologi Sastra.
Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas llmu Budaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Dr. Yusak Hudiyono,M.Pd.; Pembimbing II: Alfian Rokhmansyah, M.Hum.
Kata kunci: kepribadian, tokoh utama, psikologi kepribadian, tipologi jung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penokohan tokoh utama dalam novel derita Aminah karya Nurul Fithrati; (2) kepribadian tokoh utama dalam novel derita Aminah karya Nurul Fithrati.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif (kualitatif). Penulis berusaha mendeskripsikan bagaimana penokohan tokoh utama dan kepribadian tokoh utama yang ada dalam novel Derita Aminah.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode baca catat, kepustakaan dan instrumen. Kemudian,data data yang diperoleh dari penelitian ini dikaitkan dengan teori kepribadian Carl Gustav Jung.
Simpulan penelitian ini adalah: (1) Gambaran penokohan tokoh Aminah seorang anak berusia enam tahun yang harus menjalani masa kecil yang kelam.
Aminah seorang anak yang bekerja keras, pantang menyerah, memiliki sifat yang peduli, dan baik hati. Seorang anak yang tegar dan selalu berusaha untuk ikhlas menjalani kehidupannya; (2) Gambaran kepribadian tokoh Aminah pribadi yang ceria dan selalu menunjukkan perasaannya secara langsung, perubahan kepribadiannya terjadi ketika memiliki ibu tiri kejam dan sering
menyiksanya, Aminah menjadi seorang yang tertutup dan kurang mampu mengekspresikan emosinya. Hal tersebut mempengaruhi dinamika kepribadian tokoh Aminah yang sering bertentangan dimana perasaan, pikiran dan tindakannya seringkali mengalami konflik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEPRIBADIAN TOKOH AMINAH DALAM NOVEL DERITA AMINAH KARYA NURUL FITHRATI : KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA
Pengarang JENNY CARLINA WANDIRA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua