Detail Cantuman Kembali
SITI RAHMAWATI - Personal Name

PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMINGPADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X1 IPSMAN 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019

Siti Rahmawati,2018.Perbedaan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Brainstormingdi Kelas XI IPS MAN 2 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Program Studi Pendidikan Gografi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur.Dibawah Bimbingan Ibu Dr. Laili Komariyah, M.Si Selaku Pembimbing I dan Bapak Yaskinul Anwar, M.Pd Selaku Pembimbing II.
Metode pembelajaran brainstormingadalah suatu cara mengajar untuk mendapatkan banyak ide, membuat siswa berani menyampaikan pendapat, atau komentar sehingga mungkin masalah tersebut berkembang menjadi masalah baru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui perbedaan aktivitas siswa dengan menggunakan metode pembelajaran metode brainstormingpada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di MAN 2 Samarindatahun ajaran 2018/2019; 2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran brainstorming pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di MAN 2 Samarindatahunajaran 2018/2019.Penelitian ini menggunakan metodequasi eksperiment. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas eksperimen (XI IPS 1) dan kelas kontrol (XI IPS 2) yang masing-masing berjumlah 32. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angketuntuk mengetahui aktivitas dan test tertulis (post-test)untuk mengetahui hasil belajar geografi. Berdasarkan analisis hipotesis nilai aktivitas dan hasil belajar siswa berdistribusi normal dan memiliki varian yang homogen.
Selanjutnya dilakukan perhitungan uji tdan didapatkan nilai lebih besar dari pada atau 1,98= 1,66 untuk aktivitas dan lebih besar dari pada atau 2,88= 1,66 untuk hasil belajar. Pada penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan dengan penggunaan metode pembelajaran brainstorming terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen.
Kata kunci: Metode pembelajaran Brainstorming, Aktivitas siswa, Hasil belajar siswa





Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMINGPADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X1 IPSMAN 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Pengarang SITI RAHMAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua