Detail Cantuman Kembali
HERY NURYADIN - Personal Name

PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING (PMA)DAN PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI (PMDN) TERHADAP PDRB SEKTOR PERTAMBANGAN DI KALIMANTAN TIMUR

ABSTRAK
HERY NURYADIN, Pengaruh Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN)terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)Sektor Pertambangan di Kalimantan Timur. Fakultas Ekonomi, Universitas Mulawarman di bawah bimbingan Bapak Adnan Haris Musa sebagai pembimbing I dan Ibu Emmilya Umma Aziza Gaffar sebagai pembimbing II.
Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh Penanaman Modal Asing (PMA)dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN)dan variable yang dominan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)Sektor Pertambangan di Kalimantan Timur.
Hipotesis yang dikemukakan dalam model penelitian ini yakni diduga faktor PMA dan PMDN berpengaruh signifikan terhadap PDRB Sektor Pertambangan di Kalimantan Timur dan di duga PMA mempunyai pengaruh yang dominan terhadap PDRB Sektor Pertambangan di Kalimantan Timur. Alat Analisis statistik yang digunakan yaitu persamaan Regresi Linier Berganda, dengan rumus Y = a + b1X1 + b2X2 Berdasarkan hasil perhitungan dengan analisa regresi berganda diperoleh hasil Y = - 8,119 + 1,642 X1 + 0,437 X2
Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan uji F didapatkan nilai F hitung = 200,976 dan F tabel 9,0000 (F hitung > F tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa PMA dan PMDN secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap PDRB Sektor Pertambangan di Kalimantan Timur.
Sedangkan hasil pengujian dengan uji t didapatkan nilai t hitung = 3,325 dan t tabel = 2,132 untuk variabel PMA (t hitung > t tabel), dan untuk variable PMDN t hitung diperoleh 1,351 (t hitung < t tabel) maka dapat disimpulkan bahwa PMA dominan pengaruhnya terhadap PDRB Sektor Pertambangan dibanding dengan PMDN.
Dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh angka R adalah 0,998 menunjukkan bahwa kedua variabel bebas (PMA dan PMDN) mempunyai hubungan yang sangat kuat dan dapat diandalkan terhadap PDRB Sektor Pertambangan. Dan angka R Square adalah 0,995. Hal ini berarti 99,5 % PDRB Sektor Pertambangan dapat dijelaskan oleh variabel PMA dan PMDN Sedangkan sisanya 0,5 % dijelaskan oleh sebab atau faktor lain.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING (PMA)DAN PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI (PMDN) TERHADAP PDRB SEKTOR PERTAMBANGAN DI KALIMANTAN TIMUR
Pengarang HERY NURYADIN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua