Detail Cantuman Kembali
RESKI OKTAVIANI - Personal Name

STUDI KASUS TENTANG PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SMP NEGERI 9 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019

Reski Oktaviani, 2018. Studi Kasus Tentang Perilaku Membolos Siswa di SMP Negeri 9 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. H. Sujiman, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Hj.Sestuningsih MR, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena siswa yang sering membolos di sekolah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab membolos siswa, dampak perilaku yang diakibatkan oleh perilaku membolos siswa, dan bagaimanaa cara guru BK mengatasi perilaku membolos pada siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang terdiri dari satu variabel yaitu perilaku membolos siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Samarinda dengan tiga sumber; yaitu guru BK, Wali kelas, dan seorang siswa dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data tentang perilaku membolos siswa dengan teknik wawancara, tahap kedua adalah penyederhanaan data dengan memilah-milah hal pokok berdasarkan data yang telah dikumpulkan untuk disusun secara sistematis, tahap ketiga melakukan penyajian data yang dilakukan secara naratif, dan tahap terakhir penarikan
kesimpulan tentang perilaku membolos siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa perilaku membolos siswa disebabkan oleh faktor internal siswa yang berasal dari dalam dirinya sendiri seperti umumnya anak tidak ke sekolah karena sakit, kurangnya motivasi belajar anak di sekolah, ketidakmampuan anak dalam mengikuti pelajaran di sekolah dan eksternal yang berasal dari luar siswa seperti keluarga, sikap orangtua, dan sekolah, dampak perilaku membolos pada siswa diantaranya adalah minat terhadap pelajaran berkurang, hasil belajar yang diperoleh tidak sesuai dengan potensi yang dimiliki, penguasaan mata pelajaran tertinggal dari teman-teman lainnya dan upaya penanganan guru BK terhadap perilaku membolos siswa adalah dengan menggunakan konseling individu, mengarahkan, bekerja sama dengan orang tua serta semua pihak seperti guru, dan menghubungi orang tua siswa.
Kata Kunci: Perilaku membolos siswa

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI KASUS TENTANG PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SMP NEGERI 9 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Pengarang RESKI OKTAVIANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua