PEMBUDAYAAN NILAI-NILAI PANCASILA DI PAUD MANDIRI BAKTI SAMARINDA
pembudayaan nilai – nilai pancasila yang dilakukan oleh guru melalui kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah Guru PAUD Mandiri Bakti Samarinda. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru PAUD, Kepala PAUD,dan Orang Tua. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara sebagai teknik utama, sebagai teknik pendukung menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui proses pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pembudayaan nilai-nilai Pancasila di PAUD Mandiri Bakti dilakukan melalui beberapa kegiatan pembelajaran di sekolah. Guru memasukkan nilai-nilai Pancasila dalam metode mengajar dan dalam pembelajaran sehari-hari siswa. (2) Nilai-nilai Pancasila di PAUD Mandiri Bakti teraktualisasi melalui pembudayaan nilai-nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan,nilai persatuan,nilai kerakyatan dan nilai keadilan kepada siswa dengan beberapa pembiasaan dan kegiatan sekolah
Kata Kunci : Pembudayaan, nilai-nilai, Pancasila, Pendidikan Anak Usia Dini.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PEMBUDAYAAN NILAI-NILAI PANCASILA DI PAUD MANDIRI BAKTI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | NUR FITRI HANDAYANI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2018 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY