Detail Cantuman Kembali
RACHMA NADYA UTAMI - Personal Name

UJI AKTIVITAS TABIR SURYA KOMBINASI EKSTRAK DAUN ANNONA MURICATA, ARTOCARPUS CHAMPEDEN DAN PLECTRANTHUS SCUTELLAROIDES


Daun sirsak (Annona muricata folium), daun cempedak (Artocarpus Champeden folium) dan daun miana (Plectranthus scutellaroides folium) merupakan tanaman yang telah terbukti memiliki aktivitas tabir surya. Ketiga tanaman ini mengandung flavonoid. Flavonoid terbukti memiliki potensi sebagai tabir surya karena memiliki sifat fotoprotektif sehingga mampu menyerap sinar UV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas tabir surya kombinasi fraksi etil asetat daun sirsak, daun cempedak dan daun miana secara in vitro serta nilai SPF. Aktivitas tabir surya dan nilai SPF diuji menggunakan spektrofotometri.
Aktivitas tabir surya pada 292,5-372,5 nm dan nilai SPF pada 290-320 nm. Hasil penelitian menunjukan perbedaan aktivitas tabir surya pada tanaman tunggal yaitu pada daun sirsak dan daun cempedak memiliki aktivitas tabir surya yaitu sebagai suntan standar, fast tanning dan proteksi ekstra dengan nilai SPF sebagai proteksi ekstra, proteksi maksimal dan proteksi ultra sedangkan pada daun miana memiliki aktivitas tabir surya sebagai proteksi ekstra dengan nilai SPF yaitu sebagai proteksi maksimal dan proteksi ultra, setelah ketiga tanaman tersebut dikombinasikan dengan konsentrasi yang sama, aktivitas tabir surya nya berbeda menjadi kategori sunblock dengan nilai SPF proteksi ultra.

Kata kunci : Annona muricata, Artocarpus champeden, Plectranthus scutellaroides, tabir surya, SPF




Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UJI AKTIVITAS TABIR SURYA KOMBINASI EKSTRAK DAUN ANNONA MURICATA, ARTOCARPUS CHAMPEDEN DAN PLECTRANTHUS SCUTELLAROIDES
Pengarang RACHMA NADYA UTAMI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua