Detail Cantuman Kembali
EVI SUSANTI - Personal Name

PENGARUH MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 16 SAMARINDA (Materi Persebaran Flora dan Fauna)


Evi Susanti, 2018. Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMAN 16 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Hj. Muliati Syam, M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Yulian Widya Saputra, M.Pd Selaku Pembimbing II.
Model mind mapping adalah suatu kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan untuk meningkatkan daya ingat dan pemahaman siwa terhadap materi dengan memetakan ide-ide ke dalam bentuk gambar atau teknik grafik sehingga lebih mudah memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMAN 16 Samarinda, (2) pengaruh model mind mapping terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMAN 16 Samarinda. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat sebabakibat dimana variabel independen (variabel yang mempengaruhi) yaitu model mind mapping dan variabel dependen (variabel yang dipengaruhi) yaitu hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 16 Samarinda tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel kelas XI IPS 3 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes berbentuk soal pilihan ganda, angket dan observasi. Teknik analisis data mneggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata pre-test 43,3 dan nilai rata-rata post-test 82,9 dengan model mind mapping mengalami peningkatan, pengaruh model mind mapping dengan kategori sangat baik sebesar 17% dan kategori baik sebesar 83%. Hasil analisis regresi linear diperoleh nilai r 2 49,6% besarnya koefisien determinan yang diberikan model mind mapping, sehingga dapat disimpulkan bahwa model mind mapping memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMAN 16 Samarinda.
Kata Kunci : Model Mind Mapping, Hasil Belajar geografi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 16 SAMARINDA (Materi Persebaran Flora dan Fauna)
Pengarang EVI SUSANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua