Detail Cantuman Kembali
HERNI NUR RAHMAH ARIANI - Personal Name

PELAKSANAAN METODE DEMONSTRASI PADA KEMAMPUAN MELIPAT ORIGAMI DI TK TUNAS RIMBA 1 SAMARINDA TAHUN 2018/2019

Herni Nur Rahmah Ariani, 2018.
Pelaksanaan Metode Demonstrasi Pada Kemampuan Melipat Origami di TK Tunas Rimba 1 Samarinda Tahun 2018. Dibimbing oleh Drs. H. Sunarno,M.Pd selaku pembimbing I dan Farny SutrianyJafar, S.ST. M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode demonstrasi pada kemampuan melipat melipat origami di TK Tunas Rimba 1 Samarinda pada semester II tahun pembelajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 17 anak, terdiri dari 9 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki.
Sedangkan objek peneliti ini adalah pelaksanaan metode demonstrasi pada kemampuan melipat origami pada TK Tunas Rimba 1 Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi yaitu cara penyajian pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukan kepada peserta didik suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk sebenarnya maupun dalam bentuk tiruan yang dipertunjukan oleh guru. Langkah-langkah metode demonstrasi ada dua yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Origami/melipat kertas merupakan aktivitas yang membutuhkan keterampilan gerakan dan koordinasi tangan sehingga dengan diberikannya kegiatan melipat kertas dapat memperkuat otot-otot telapak tangan dan jari-jari tangan sekaligus melatih konsentrasi anak. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian kualitatif pada hakikatnya ialah mengamati orang dalam lingkungannya, pendekatan kualitatif ini digunakan karena data yang dikumpulkan berupa kata-kata, tulisan serta perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian menunjukan dalam pelaksanaan metode demonstrasi pada kemampuan melipat origami di TK Tunas Rimba 1 Samarinda menggunakan metode demonstrasi sudah berjalan dengan baik dan menggunakan metode yang sesuai, dengan menggunakan metode demonstrasi dapat mempermudah guru dalam mengajar.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu pelaksanaan metode demonstrasi pada kemampuan melipat origami ini dapat dilakukan apabila didukung oleh guru dengan tetap memperatikan karakteristik dan perbedaan anak berdasarkan pertumbuhan dan perkembangannya. Saran pada peneliti ini yaitu untuk guru sebaiknya lebih kreatif dalam kegiatan melipat origami dengan menggunakan metode demonstrasi, agar guru memiliki wawasan yang tinggi.
Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Origami, Melatih Motorik Halus

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PELAKSANAAN METODE DEMONSTRASI PADA KEMAMPUAN MELIPAT ORIGAMI DI TK TUNAS RIMBA 1 SAMARINDA TAHUN 2018/2019
Pengarang HERNI NUR RAHMAH ARIANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua