Detail Cantuman Kembali
Reski Udayanti - Personal Name

STUDI KERAGAMAN JENIS BURUNG PADA KAWASAN WISATA PANTAI TANAH MERAH SAMBOJA KABUPATEN KUTAI KERTANEGARA

ABSTRAK
Reski Udayanti. Studi Keragaman Jenis Burung Pada Kawasan Wisata Pantai Tanah Merah Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai jenis-jenis burung yang masih dapat ditemui di Kawasan Wisata Pantai Tanah Merah Samboja, serta mengetahui gambaran secara umum waktu yang tepat untuk melakukan pengamatan di kawasan tersebut. Penelitian ini diharapkan bias memberikan informasi mengenai jenis-jenis burung di Kawasan Wisata Pantai Tanah Merah Samboja yang selama ini dirasakan kurang terpublikasi. Dengan informasi ini, pihak pengelola dapat mengembangkan kegiatan pengamatan burung (bird watching) sebagai pendukung pengelolaan kawasan yang berbasiskan keutuhan lingkungan.
Penelitian dilakukan sebanyak 2 periode selama tahun 2008 yaitu awal bulan Mei (sebagai representasi bulan kering) dan awal bulan November (sebagai representasi bulan basah). Pada masing-masing periode dilakukan pengamatan selama 5 hari efektif. Metode pengamatan burung yang digunakan adalah metode titik (Point Count) dengan menggunakan prinsip Concentration Count. Hal-hal yang dicatat dalam pengamatan antara lain jenis burung, waktu pengamatan, jumlah jenis teramati dan frekuensi kehadiran jenis per hari. Sebanyak 51 jenis burung berhasil teramati di Kawasan Pantai Tanah Merah Samboja, 30 jenis diantaranya merupakan jenis yang hadir baik pada bulan basah maupun bulan kering. Pengamatan pertama belum mencatat seluruh jenis yang kemungkinan hadir di lokasi penelitian sehingga masih terdapat tambahan jenis yang baru teramati pada periode kedua. Sedangkan alasan ketidakhadiran jenis jenis yang sebelumnya teramati pada periode pertama pada pengamatan kedua (periode basah) lebih banyak disebabkan oleh terbatasnya pengamatan pada periode tersebut karena intensitas hujan yang tinggi.
Komposisi jenis yang hadir mencerminkan representasi jenis-jenis dari berbagai kompleks habitat yang terdapat di Kawasan Pantai Tanah Merah Samboja, seperti habitat lahan basah, hutan sekunder, kebun dan pekarangan. Dua jenis burung migran global berhasil teridentifikasi di Kawasan Wisata Pantai Tanah Merah yaitu Todirhampus sanctus (pada periode kering) dan Tringa hypoleucos (pada periode basah), menunjukkan bahwa kawasan ini termasuk daerah yang penting untuk dijaga kelestariannya sebagai persinggahan burung migran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI KERAGAMAN JENIS BURUNG PADA KAWASAN WISATA PANTAI TANAH MERAH SAMBOJA KABUPATEN KUTAI KERTANEGARA
Pengarang Reski Udayanti - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua