Detail Cantuman Kembali
ACHMAD HAMBALI - Personal Name

STUDI TENTANG BESARNYA DEBIT SEDIMEN PADA SUB-SUB DAS PINANG SERIBU DI WILAYAH KOTA SAMARINDA

ABSTRAK
ACHMAD HAMBALI. Studi Tentang Besarnya Debit Sedimen Pada Sub-sub DAS Pinang Seribu Di Wilayah Kota Samarinda (dibimbing oleh Marlon Ivanhoe Aipassa dan Sigit Hardwinarto).
Penelitian ini dilaksanakan di kawasan sub-sub DAS Pinang Seribu yang secara administratif pemerintahan terletak di wilayah kelurahan Sempaja, Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya Debit Limpasan Air Sungai (DLAS) dan nilai Beban Endapan Layang (BEL) pada sub-sub DAS Pinang Seribu.
Pengambilan sampel air dilakukan pada tiga titik lokasi yang telah ditetapkan yaitu pada sub-sub DAS Pinang Seribu bagian hulu, tengah, dan bagian hilir. Data dalam penelitian ini berupa data sekunder dan data primer yang diperoleh secara langsung dari hasil pengukuran di lapangan antara lain tinggi muka air, pengukuran DLAS yang diperoleh dengan mengukur luas penampang basah sungai dan kecepatan air dengan metode pelampung pada jarak terukur, serta jeluk hujan. Kemudian juga dilakukan pengambilan sampel BEL yang selanjutnya dianalisis di laboratorium untuk diketahui konsentrasinya. Selanjutnya data tersebut digunakan untuk menghitung debit BEL yang diperoleh dari hasil perkalian antara DLAS dan konsentrasi BEL.
Hasil penelitian pada sub-sub DAS Pinang Seribu bagian hulu besarnya DLAS berkisar antara 0,10-2,38 m³/detik dengan nilai rata-rata sebesar 0,38 m³/detik, konsentrasi BEL (Cs) antara 6-361 mg/l dengan rataan sebesar 69,74 mg/l, dan debit BEL (Qs) rataan sebesar 52,97 gr/detik. Pada bagian tengah besarnya DLAS berkisar antara 0,11-1,32 m³/detik dengan rataan sebesar 0,33 m³/detik, konsentrasi BEL (Cs) antara 13-529 mg/l dengan rataan sebesar 98,18 mg/l, dan debit BEL (Qs) rataan sebesar 47,80 gr/detik. Dan pada bagian hilir besarnya DLAS berkisar antara 0,03-1,19 m³/detik dengan rataan sebesar 0,25 m³/detik, konsentrasi BEL (Cs) antara 16-316 mg/l dengan rataan sebesar 74,25 mg/l, dan debit BEL (Qs) rataan sebesar 25,07 gr/detik. Berdasarkan kriteria nilai standar skala dan nilai rentangan dari konsentrasi BEL (Anonim, 1988), nilai Cs pada Sub-sub DAS Pinang Seribu termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis hubungan antara DLAS (Q) dan Debit BEL (Qs) diperoleh hubungan positif yang ditunjukan oleh persamaan berpangkat (power equation)pada Sub-sub DAS Pinang Seribu bagian hulu yaitu Qs = 131,1 Q dengan nilai keeratan (r) = 0,74. Pada bagian tengah yaitu Qs = 222,59 Q1,93 1,92 dengan nilai keeratan (r) = 0,76, dan pada bagian hilir yaitu Qs = 120,63 Q1,37 dengan nilai keeratan (r) = 0,80. Hasil prediksi jumlah sedimen pada Sub-sub DAS Pinang Seribu bagian hulu sebesar 2004,42 ton/tahun, pada bagian tengah sebesar 1808, 90 ton/tahun, dan pada bagian hilir sebesar 948, 60 ton/tahun, sehingga total jumlah sedimen dari ketiga bagian Sub-sub DAS Pinang Seribu tersebut sebesar ± 4761,92 ton/tahun.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG BESARNYA DEBIT SEDIMEN PADA SUB-SUB DAS PINANG SERIBU DI WILAYAH KOTA SAMARINDA
Pengarang ACHMAD HAMBALI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua