Detail Cantuman Kembali
RISMAWATI - Personal Name

PERAN DUTA WISATA DALAM STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA DI KOTA SAMARINDA (STUDI KASUS DUTA WISATA SAMARINDA 2017)

Rismawati, “Peran Duta Wisata Dalam Strategi Pemasaran Pariwisata di Kota Samarinda (Studi Kasus Duta Wisata Samarinda 2017).Dibawah bimbingan Ibu Rr. Marliana W, SE., MM dan Bapak Fareis Althalets, S.Par., M.Mpar.
Pariwisata merupakan salah satu industri yang mampu mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan suatu negara.Indonesia merupakan negara yang setiap daerahnya memiliki potensi wisata, salah satunya di Samarinda, Kalimantan Timur. Namun potensi tersebut tidak akan dikenal oleh masyarakat jika kurangnya sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk mempromosikannya.
Penelitian ini membahas mengenai Peran Duta Wisata Kota Samarinda dalam Strategi Pemasaran Pariwisata terhadap objek daya tarik wisata yang ada di Kota Samarinda, dimana Duta Wisata Kota Samarinda merupakan salah satu media pemasaran pariwisata oleh Dinas Pariwisata Kota Samarinda yang diharapkan dapat menjadi agen perubahan dari generasi muda yang mampu memasarkan dan mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Kota Samarinda.
Penelitian ini berfokus pada peran yang telah dilakukan oleh Duta Wisata Kota Samarinda berdasarkan strategi pemasaran pariwisata yang telah diterapkan oleh Dinas Pariwisata Kota Samarinda yaitu publikasi langsung, publikasi melalui pameran dan expo, dan promosi melalui sosial media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif.Pengambilan data dilakukan melalui studi pustaka dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini mengacu pada model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, dimana data yang di dapat akan di analisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Duta Wisata Kota Samarinda memasarkan pariwisata dengan promosi dan publikasi. Duta Wisata Kota Samarinda membuat program “Children for Tourism” sebagai kegiatan sosialisasi yang merupakan wisata edukasi dan rekreasi untuk kalangan pelajar sebagai calon penerus bangsa. Selain itu, Duta Wisata Kota Samarinda juga sebagaimarketing communicationdanpublic relaltiondari Dinas Pariwisata Kota Samarinda bagi calon wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Samarinda. Duta Wisata Kota Samarinda juga sebagai bagian dari Kehumasan di Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam keterbukaan informasi mengenai pariwisata yang ada di Kota Samarinda. Untuk lebih mengoptimalkan peran Duta Wisata Kota Samarinda, Dinas Pariwisata Kota Samarinda dapat membuat kontrak kerja dengan Duta Wisata Kota Samarinda yang di dalamnya terdapat Standart Operational Procedure(SOP) sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai Duta Wisata.
Kata Kunci:Peran, Duta Wisata, Strategi Pemasaran Pariwisata

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN DUTA WISATA DALAM STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA DI KOTA SAMARINDA (STUDI KASUS DUTA WISATA SAMARINDA 2017)
Pengarang RISMAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua