Detail Cantuman Kembali
SUBANDI - Personal Name

ANALISIS PENDAPATAN PERBIBITAN SAPI BALI (Bos sondaicus) SISTEM KELOMPOK DI KOTA SAMARINDA

SUBANDI. Analisis Pendapatan Perbibitan Sapi Bali (Bos sondaicus) Sistem Kelompok di Kota Samarinda.Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2017 (dibawah BimbinganHamdi Mayuludan Roosena Yusuf).
Pengembangbiakan sapi Bali dengan sistem perbibitan sapi Bali mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis sehingga dapat menjaga kemurnian genetik sapi Bali. Penelitian bertujuan untuk mengetahui berapa besar pendapatan dan keuntungan yang dihasilkan oleh peternak perbibitan sapi Bali di Kota Samarinda. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2017 di Kota Samarinda dengan menggunakan metode survei, melalui teknik observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif, dengan pendekatan rumus pendapatan dan keuntungan.
Lokasi penelitian ditentukan berdasarkanPurposive Samplingdengan ketentuanyaitu parapeternakperbibitansapiBalisehingga terdapat di empat kecamatan yang ada di Kota Samarinda yaitu Kecamatan Samarinda Utara, Palaran,Sambutan dan Sungai Pinang. Pemilihan responden di empat kecamatan tersebut ditentukan secaraPurposive Samplingsehingga total responden sebanyak 44 responden.
Penelitian menunjukan bahwa pendapatan dan keuntungan pada usaha perbibitan sapi Bali di Kota samarinda dalam satu tahun rata-ratapendapatan dan
Keuntungan per tahun yang diperoleh peternak pada skala kepemilikanternak 1-4 ekor sebesar Rp. 22.029.361/th (R/C> 4.64), skala kepemilikan ternak 5-8 ekor Rp.20.538.906/th (R/C > 3.21) dan skala kepemilikan ternak > 9 sebesar Rp. 24.713.622/th (R/C>2.45) sehingga usaha perbibitan sapi Bali di Kota Samarinda dapat dikatakan menguntungkan.
Tingkat keberhasil usaha perbibitan sapi Bali di Kota Samarinda sangat tergantung oleh peran peternak dan pemerintah. Pengalaman peternak adalah faktor pendukung dalam menjalankan usaha perbibitan sapi Bali di KotaSamarinda.
Kata Kunci:Analisis pendapatan, sapi Bali.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENDAPATAN PERBIBITAN SAPI BALI (Bos sondaicus) SISTEM KELOMPOK DI KOTA SAMARINDA
Pengarang SUBANDI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua