Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD IRFAN FANANI - Personal Name

MOTIVASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMAN 9 SAMARINDA


Muhammad Irfan Fanani, 2018, “Motivasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 9 Samarinda”. Program S.1 Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, di bawah bimbingan Bapak Dr. Iman Surya, M.Si dan Ibu Dr. Rita KalaLinggi,M.Si.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi Penelitian di SMA Negeri 9 Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, Observasi, wawancara mendalam, dan teknik dokumentasi.
Narasumber pada penelitian ini sebanyak 5 (satu) orang yang terdiri dari 1 orang Kepala Sekolah, dan 4 Orang staff TU dan Guru. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1. Motivasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dengan tingkat kebutuhan sebagai berikut : a. Kebutuhan yang bersifat Fisiologis (physiological), b. Kebutuhan akan Rasa Aman (safety and security needs), c. Kebutuhan sosial dan Rasa Saling Memiliki (social and belongingness), d. Kebutuhan akan Penghargaan (prestige esteem needs), dan e. Kebutuhan untuk mempertinggi Kapasitas Kerja (self actualizion). Dan 2. Faktor penghambat Motivasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 9 Samarinda.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bagaimana Kepala Sekolah dapat memberikan Motivasi terhadap para Pegawai maupun Guru di SMA Negeri 9 Samarinda untuk menunjukan dan meningkatkan kinerja dari tiap-tiap guru yang ada di SMA Negeri 9 Samarinda. Bahwa dalam meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 9 Samarinda tidak hanya dari Kepala Sekolah saja, melainkan dari tiap-tiap individu itu sendiri apakah memiliki rasa tanggung jawab akan hak dan kewajibannya yang bertujuan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas dari Guru itu sendiri maupun para siswa didik mereka. Serta menunjangnya fasilitasfasilitas yang memadai guna meningkatkan motivasi tiap Guru dalam urusan belajar mengajar. Sedangkan Kepala Sekolah sebagai penyokong berlangsungnya aktivitas di sekolah dan juga sebagai motivasi bagi tiap-tiap guru untuk meningkatkan kinerja guru tersebut
.Kata Kunci:Motivasi, Guru, Kinerja.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MOTIVASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMAN 9 SAMARINDA
Pengarang MUHAMMAD IRFAN FANANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua