Detail Cantuman Kembali
ANGGI PRASETYO - Personal Name

ANALISIS GROUND VIBRATION PADA PELEDAKANOVERBURDEN DI PIT PINANG SOUTH PT. KALTIM PRIMA COAL, SANGATTA, KALIMANTAN TIMUR

Penelitian dilakukan di Pit Pinang South PT. Kaltim Prima Coal (PT. KPC), Sangatta, Kalimantan Timur. Salah satu kegiatan pembongkaran di lingkungan PT. KPC adalah pengupasan lapisan tanah penutup. Kegiatan ini didahului dengan proses pemberaian menggunakan metode pengeboran dan peledakan. Salah satu efek terhadap lingkungan dari kegiatan peledakan yaitu adanya ground vibration.

Pengukuran ground vibration dilakukan untuk mengetahui besarnya nilai peak particle velocity (PPV). Dari data pengukuran ground vibration selama bulan Oktober 2013 hingga Maret 2014 dilakukan analisis menggunakan metode statistika regresi non linier geometrik (power). Hasil analisis adalah persamaan rumus hubungan antara PPV danscaled distance (SD) yaitu PPV = 697,06dengan R2= 0,8692 dan R=-93,23 yang menyatakan korelasi negatif dan kuat.

Persamaan rumus hubungan antara PPV dan SD kemudian digunakan untuk menentukan isian bahan peledak maksimal/delay dan jarak yang aman untuk kegiatan peledakan yang didasarkan dari standar ground vibration PT. KPC. Percobaan peledakan dilakukan sebanyak lima kali dengan pengamatan pada Sembilan titik pengukuran untuk membandingkan antara PPV prediksi dan PPV aktual di lapangan dengan menempatkan alat ukur Blastmate III sesuai dengan jarak lokasi yang akan diamati.

Berdasarkan Sembilan titik pengukuran yang dilakukan terdapat tiga titik pengukuran yang memiliki nilai PPV diatas target 3 mm/s. Besarnya nilai PPV disebabkan oleh isian maksimum bahan peledak per delay melebihi target yang ditentukan berdasarkan nilai k dan b yang baru.

Kata kunci :Peledakan, Ground Vibration, Peak Particle Velocity (PPV).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS GROUND VIBRATION PADA PELEDAKANOVERBURDEN DI PIT PINANG SOUTH PT. KALTIM PRIMA COAL, SANGATTA, KALIMANTAN TIMUR
Pengarang ANGGI PRASETYO - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua