Detail Cantuman Kembali
FATMA SARI - Personal Name

KAJIAN PENGOBATAN PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT SAMARINDA MEDIKA CITRA (SMC)

Gagal ginjal gronik merupakan penurunan fungsi ginjal yang terjadi selama lebih dari 3 bulan yang bersifat persisten dan menetap. Pasien gagal ginjal kronik umumnya disertai dengan penyakit penyerta lain sehingga meningkatkan kompleksitas pengobatan dan meningkatnya jumlah penggunaan obat yang juga akan meningkatkan potensi Drug Related Problems (DRP’s). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, pola pengobatan dan mengidentifikasi DRP’s pada pasien gagal ginjal kronik di Rumah Sakit Samarinda Medika Citra (SMC). DRP’s yang diidentifikasi adalah kesesuaian dosis, interaksi obat dan efek samping obat. Pengumpulan data dilakukan secara retrospektif dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Populasi penelitian adalah pasien gagal ginjal kronik yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Samarinda Medika Citra (SMC) periode Januari 2017- Agustus 2017 dan diperoleh 39 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien gagal ginjal kronik didominasi oleh perempuan 53,85%, pada kelompok usia 46 – 55 tahun (lansia awal) 43,59 %. Penyakit penyerta terbanyak adalah anemia 39%. Pola pengobatan didapatkan hasil bahwa pasien yang diteliti umumnya berada pada stage V dengan jumlah pasien sebanyak 29 orang yang dikelompokan menjadi 9 pola pengobatan.
Kemudian terdapat 6 pasien gagal ginjal kronik pada stage IV yang dikelompokkan dalam 3 pola pengobatan dan 3 pasien pasien gagal ginjal kronik dalam stage III yang dikelompokkan dalam 3 pola pengobatan serta 1 pasien pasien gagal ginjal kronik pada stage II yang dikelompokkan dalam 1 pola pengobatan. DRP’s yang ditemukan yaitu yaitu kesesuaian terapi diperoleh hasil
bahwa 53,84% pasien mendapat terapi yang sesuai dan perlunya penyesuaian dosis secara farmakokinetika pada obat bisoprolol, clonidin, asam traneksamat, allupurinol, ranitidin dan seftriakson dan furosemid perlu dilakukan penyesuain berdasarkan respon klinis pasien.

Kata Kunci : Gagal Ginjal Kronik (GGK), pola Pengobatan, DRP’s

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KAJIAN PENGOBATAN PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT SAMARINDA MEDIKA CITRA (SMC)
Pengarang FATMA SARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua