Detail Cantuman Kembali
NANI WAHYUNI - Personal Name

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-20 MELALUI METODE BERMAIN KARTU ANGKA PADA KELOMPOK B TK NURI SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

ABSTRAK
NANI WAHYUNI : 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-20 Melalui Metode Bermain Kartu Angka di Kelompok B TK Nuri Samarinda Utara Tahun Ajaran 2013/2014. Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman Samarinda. Dibawah bimbingan : Dr. H. Moh. Bahzar, M.Si selaku pembimbing I dan Dra. Sudillah Mangkuwiata, M. Pd selaku pembimbing II.
Kata Kunci : Kemampuan mengenal konsep bilangan, kartu Angka.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep bilangan dan pengembangan kemampuan matematika anak.
Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada kelompok B semester I tahun ajaran 2013/2014 Di TK Nuri Samarinda Utara, berjumlah II anak, semua anak dilibatkan dalam mengenal konsep bilangan ini. Teknik pengumpulan data yang akan penulis gunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Teknik observasi dan hasil kerja anak.
Mengenal konsep bilangan dapat meningkatkan kemampuan pada anak, rata-rata pencapaian kemampuan mengenal konsep bilangan pada siklus I adalah dengan nilai 25% yang tergolong kategori Cukup (C), Pada siklus II yang tergolong Baik (B) dengan nilai 49%, Pada siklus III yang termasuk dalam kategori Baik Sekali (BS) dengan nilai 62%.
Berdasarkan seluruh hasil penelitian yang telah dilakukan pada anak didik pada Kelompok B TK Nuri Samarinda Utara dapat disimpulkan bahwa mengenal konsep bilangan ada anak dinilai efektif. Kemampuan guru memberikan perlakuan yang khusus pada anak dengan penilaian Baik Sekali (BS), Baik (B), Cukup (C) dan Kurang (K). pada setiap aspek yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-20 MELALUI METODE BERMAIN KARTU ANGKA PADA KELOMPOK B TK NURI SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Pengarang NANI WAHYUNI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua