Detail Cantuman Kembali
EKA ERNAWATI - Personal Name

ANALISIS KETUNTASAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS X SMK TI PRATAMA SAMARINDA TAHUN AJARAN 2014/2015

Eka Ernawati.2011. Analisis Ketuntasan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas X SMK TI Pratama samarinda Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Program Studi Ekonomi, Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing : (1). Drs. Made Ngurah Partha, M.Si. (2). Drs. Nasib Subagio, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar ketuntasan yang ditetapkan, hasil belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Adapun permasalahan yang dirumuskan di dalam penelitian ini adalah bagaimana ketuntasan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas X SMK TI Pratama Samarinda tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan penelitian yang dilakukan akan memiliki kegunaan bagi siswa, bagi guru dan bagi sekolah.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode analisis kualitatif. Selanjutnya data yang akan muncul adalah data berupa narasi bersifat deskriptif, yang kemudian akan di analisis dan diinterpretasikan untuk membuat kesimpulan.
Penelitian ini dengan sampel pada penelitian ini adalah seluruh subyek yang terdapat dalam populasi yaitu 42 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penilitian ini menggunakan observasi, dokumen dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu persentase.
Dari penelitian hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa ulangan harian 1 mata pelajaran IPS dari 42 siswa sebesar 67.38 termasuk dalam kategori baik. Nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 35 dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Jumlah siswa yang tuntas 21 dan tidak tuntas 21 siswa. Materi yang belum di pahami pada KD 1 yaitu faktor yang mempengaruhi interaksi sosial, pengertian sosialisai, peran nilai dan norma dalam sosialisasi, agen sosialisasi, sosialisasi dan kepribadian. Dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa ulangan harian 1 mata pelajaran IPS dari 42 siswa sebesar 50% dan persentase siswa yang belum tuntas sebesar 50%. Setelah remedial pertama siswa yang belum tuntas sebesar 24%, dan remedial kedua siswa yang belum tuntas sebesar 12%, selanjutnya untuk siswa yang belum tuntas maka diberikan tugas untuk mendapatkan nilai standar yang sesuai dengan standar ketuntasan yang ditetapkan. Dari penelitian hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa ulangan harian 2 mata pelajaran IPS dari 42 siswa sebesar 76.07 termasuk dalam kategori baik. Nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 40 dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Jumlah siswa yang tuntas 30 dan tidak tuntas 12 siswa. Materi yang belum di pahami pada KD 3 yaitu pengertian kebutuhan, ketersediaan barang dan jasa, kelangkaan, masalah pokok ekonomi, dan sistem ekonomi. Dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa ulangan harian 2 mata pelajaran IPS dari 42 siswa sebesar 71.43% atau 72% dan persentase siswa yang belum tuntas sebesar 28.57% atau 28%. Setelah remedial pertama siswa yang belum tuntas sebesar 15%, dan remedial kedua seluruh siswa telah memenuhi standar ketuntasan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KETUNTASAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS X SMK TI PRATAMA SAMARINDA TAHUN AJARAN 2014/2015
Pengarang EKA ERNAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua