Detail Cantuman Kembali
MARDIANI - Personal Name

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP SOSIAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LOA JANAN KUTAI KARTANEGARA

Mardiani. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Dengan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Kognitif, Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Sosial Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Tesis, dibimbing oleh ibu Dr.Elsje Theodora Maasawet dan bapak Prof.Dr. Aloysius Hardoko,M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yaitu (1) masih rendahnya hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Biologi karena guru belum maksimal mengunakan model pembelajaran dan media pembelajaran, (2) rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran dikarenakan penjelasan materi pelajaran lebih terpusat pada guru, menyebabkan siswa menjadi pasif dan tidak memiliki kemampuan untuk berpikir kritis (3) kurangnya sikap sosial siswa di dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Media Audiovisual terhadap hasil belajar kognitif, kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial pada siswa. Jenis penelitian yaitueksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian ”pre test post test control group design”. Populasi penelitian adalah siswa kelas X di SMA Negeri 2 Loa Janan Kutai Kartanegara , sampel penelitian 50 orang siswa yang terdiri dari siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas Perlakuan dan siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas Kontrol.
Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil tes. Analisis data menggunakan teknikanalisis deskriptif dan statistik inferensial (uji-t), dengan menggunakan SPSS versi 23.
Hasil penelitian posttest hasil belajar kognitif pada kelas perlakuan rata rata nilai 84,66 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 67,6. Pengujian hipotesis untuk hasil belajar kognitif menggunakan uji-t menunjukkan t hit > 0,05, pada uji paired samples ttes untuk hasil belajar kognitif siswa menunjukkan t hit sebesar 0,000 artinya t hit < 0,05. Kemampuan berpikir kritis siswa di analisis menggunakan Gain Score dengan
skor rata – rata kelas kontrol sebesar 0,54 dan rata-rata skor kelas perlakuan 0,77.
Pada analisis data sikap sosial menggunakan angket skala Likert dan lembar observasi pengamatan, menunjukkan bahwa siswa kelas perlakuan memiliki rata-rata katagori sikap sosial baik dan siswa kelas konvensional dengan rata-rata katagoricukup. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Media Audiovisual terhadap hasil belajar kognitif, kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa kelas X Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Loa Janan Kutai Kartanegara.


Kata Kunci : Model Pembelajaran Team Assisted Individualization, Media Audiovisual,Hasil Belajar Kognitif, Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Sosial.



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP SOSIAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LOA JANAN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang MARDIANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua