Detail Cantuman Kembali
LENNY TRIWULANDARI - Personal Name

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE JIGSAW DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016

Triwulandari, Lenny. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Matematika antara Siswa yang diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Tipe Jigsaw di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016.
Dibimbing oleh Bapak Dr. P.M. Labulan, M.Pd dan Bapak Drs.Kukuh, M.Pd.
Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi ajar persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah control group post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Samarinda yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian adalah 3 kelas tersebut. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik non probability sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik
tes, yaitu tes akhir untuk mengetahui kemampuan akhir masing-masing kelas setelah diberikan perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Anova Satu Arah dengan uji lanjutan Tukey HSD, statistic uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas denganuji Levene’s. Analisis data menggunakan program SPSS.
Hasil analisis data dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk ketiga kelompok perlakuan berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji Lavene’s dan ketiga kelompok berasal dari populasi dengan variansi yang homogeny. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik Anova Satu Arah dengan a = 5% diperoleh nilai probabilitas 0,001 maka nilai probabilitas kurang dari a dan terdapat perbedaan hasil belajar antara ketiga kelompok perlakuan.
Analisis lanjutan setelah anova digunakan Uji Tukey HSD diperoleh 0,159 maka tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara tipe NHT dengan tipe Jigsaw, diperoleh 0,001 maka hasil belajar matematika siswa antara tipe NHT berbeda dengan pembelajaran langsung, dan diperoleh 0,125 maka hasil belajar matematika siswa antara tipe Jigsaw tidak berbeda dengan pembelajaran langsung. Kesimpulan hasil penelitian tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi ajar persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016.



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE JIGSAW DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016
Pengarang LENNY TRIWULANDARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua