Detail Cantuman Kembali
GITA KURNIA - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJARIPS TENTANG POTENSI DAERAH DAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARANPICTURE AND PICTUREPADA SISWA KELAS IV SDN 005 SAMARINDA KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Gita Kurnia, 2018.Peningkatan Hasil Belajar IPSTentang Potensi Daerah dan Kegiatan Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Siswa KelasIV Sdn 005Samarinda Kota Tahun Pembelajaran 2017/2018”. Pembimbing I Drs. H. Kusdar, M.Agdan Pembimbing II Dra. Wiwik Haryanni, M.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Potensi Daerah dan Kegiatan Ekonomi, Model Picture and Picture.
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 005Samarinda Kota tahun pembelajaran 2017/2018 khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tentang potensi daerah dan kegiatan ekonomimelalui modelpembelajaranPicture and Picturepada siswa kelasIV SDN 005Samarinda Kota tahun pembelajaran 2017/2018?. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tentang potensi daerah dan kegiatan ekonomi melalui modelPicture and Picturepada siswa kelas IV SDN 005Samarinda Kota tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilakukan dengan duasiklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. PTK adalah sebagai bentuk penelitian reflektif yang dilakukan oleh guru sendiri yang hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk pengembangan keahlian mengajar. Tujuan PTK membantu guru memperbaiki pembelajaran, membantu guru berkembang secara professional, meningkatkan rasa percaya diri guru, memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalahsiswa-siswi kelasIV SDN 005Samarinda Kota yang berjumlah 32siswa dan objek penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar IPS dan peningkatan setiap siklusnya menggunakan model Picture and Picture. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase, dan grafik.
Hasil penelitian pelaksanaan siklus 1 diperoleh rata-rata sebesar 66,31 dan presentase ketuntasansebesar 46,87%. Pelaksanaan siklus II meningkat yaitu dengan rata-rata sebesar 77,87 dan presentase ketuntasan sebesar 87,5%. Adapun peningkatan kondisi awal ke siklus I sebesar 44,05%, kondisi awal ke siklus II sebesar 69,17%. Dari hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwaterdapat peningkatan hasil belajar IPStentang potensi daerah dan kegiatan ekonomi melaluimodel pembelajaranPicture and Picturepada siswa kelasIV SDN 005 Samarinda Kota.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJARIPS TENTANG POTENSI DAERAH DAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARANPICTURE AND PICTUREPADA SISWA KELAS IV SDN 005 SAMARINDA KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Pengarang GITA KURNIA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua