Detail Cantuman Kembali
ANDI KHUSNUL KHOTIMAH - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG MASALAH SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SDN 010 SAMARINDA KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Andi Khusnul Khotimah, 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Masalah Sosial Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Siswa Kelas IV Sdn 010 Samarinda Kota Tahun Pembelajaran 2017/2018”. Pembimbing I Drs. La Djangka, M.Pd dan Pembimbing II Tri Indrahastuti, S.Sn, M.Sn.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Masalah Sosial, Model Snowball Throwing
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 010 Samarinda Kota tahun pembelajaran 2017/2018 khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tentang masalah sosial melalui model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas IV SDN 010 Samarinda Kota tahun pembelajaran 2017/2018. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tentang masalah sosial melalui model Snowball Throwing pada siswa kelas IV SDN 010 Samarinda Kota tahun pembelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SDN 010
Samarinda Kota yang berjumlah 28 siswa dan objek penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar IPS dan peningkatan setiap siklusnya menggunakan model Snowball Throwing. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase, dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar dari nilai pra siklus sebesar 59,9 meningkat menjadi 61,9 pada siklus I dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 42,85% dan persentase peningkatan nilai dasar ke siklus I 24,85%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 72,60 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 64,28% dan persentase peningkatan nilai dasar ke siklus II 21,43%. Pada siklus III nilai ratarata menjadi 81,85 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 92,85% dan persentase peningkatan nilai dasar ke siklus III 28,57%. Dari hasil penelitian d atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS tentang masalah sosial melalui model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas IV SDN 010 Samarinda Kota.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG MASALAH SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SDN 010 SAMARINDA KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Pengarang ANDI KHUSNUL KHOTIMAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua