PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI JUAL BELI MELALUI METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE PADA SISWAKELAS III SD NEGERI 009 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Nurafni Avtianti, 2018. “Peningkatan Hasil Belajar IPS materi Jual Beli melalui Metode Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Siswa Kelas III SDN 009 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Pembimbing I Bapak Drs. H. La Djangka, M.Pd, dan Pembimbing II Ibu Tri Indrahastuti, S.Sn, M.Sn.
Kata kunci : Hasil Belajar IPS, Jual Beli, Metode Pembelajaran Crossword Puzzle
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang di peroleh siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal ini terjadi karena metode yang diterapkan masih menggunakan metode ceramah sehingga menyebabkan kurangnya pasrtisipasi aktif siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar IPS materi jual beli melalui metode pembelajaran crossword puzzle pada siswa kelas III SDN 009 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi jual beli melalui metode pembelajaran crossword puzzle pada siswa kelas III SDN 009 Sungai Kunjang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III SDN 009 Sungai Kunjang yang
berjumlah 31 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPS meteri jual beli melalui metode pembelajaran crossword puzzle. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase, peningkatan hasil belajar setiap siklus dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS materi jual beli melalui metode pembelajaran crossword puzzle pada siswa kelas III SDN 009 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2017/2018 meningkat. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata dari nilai dasar adalah 64,7 dengan persentase ketuntasan sebesar 51,6%. Pada siklus I nilai ratarata
meningkat menjadi 66,6 dengan persentase ketuntasan sebesar 61,3%.
Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 71,6 dengan persentase ketuntasan sebesar 77,4%. Pada siklus III nilai rata-rata meningkat menjadi 77,9 dengan persentase ketuntasan sebesar 90,3%. Peningkatan hasil belajar siswa siklus I meningkat sebesar 2,9%, siklus II meningkat sebesar 10,7% dan siklus III meningkat sebesar 20,4%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI JUAL BELI MELALUI METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE PADA SISWAKELAS III SD NEGERI 009 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 |
---|---|
Pengarang | NURAFNI AVTIANTI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2018 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY