Detail Cantuman Kembali
HADI SAPUTRA - Personal Name

PEGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM DI SMA N 1 LOA JANAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Hadi Saputra, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam di SMA Negri 1 Loa Janan Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Muh. Amir M., M. Kes selaku pembimbing I dan Dr. H. Mukhamad Nurhadi, M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar kimia pada pokok bahasan hidrolisis garam di SMA Negri 1 Loa Janan tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPA di SMA Negeri 1 Loa Janan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 dengan masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. Kelas XI IPA 2 merupakan kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning, sedangkan kelas XI IPA 3 merupakan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil belajar siswa diperoleh dari 30% nilai posttest pertemuan pertama dan 30% nilai posttest pertemuan kedua serta 40% nilai ulangan harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik dari pada nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Nilai rata- rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning adalah 70,03 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung adalah 64,65. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t, diperoleh thitung = 2,75 dan t tabel= 1,99 pada taraf signifikan 5%. Karena t>ttabel, maka H diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar kimia pada pokok bahasan hidrolisis garam di SMA Negri 1 Loa Janan tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Hidrolisis Garam, Discovery Learning


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM DI SMA N 1 LOA JANAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Pengarang HADI SAPUTRA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua