ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REACT DENGAN PENDEKATAN SAVI PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2017/2018
A.Rismawati, 2018 Analisis Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Menggunakan Model Pembelajaran REACT dengan Pendekatan SAVI Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga di SMA Negeri 5 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Usman, M.Si, selaku pembimbing I dan Dr. Nurlali, M.P selaku pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa berdasarkan gaya belajar menggunakan model pembelajaran REACT dengan pendekatan SAVI pada pokok bahasan larutan penyangga di SMA Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 36 orang yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket gaya belajar siswa dan tes tertulis. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan perhitungan persentase rata-rata serta sebaran siswa tiap pertemuan untuk analisis kategori kemampuan siswa dan tiap jenis penilaian untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian analisis angket gaya belajar menunjukkan bahwa di kelas XI IPA 1 yang memiliki gaya belajar visual 13 orang, auditori 10 orang, dan kinestetik 13 orang. Secara keseluruhan rata-rata hasil belajar siswa pada gaya belajar visual adalah 7,69% termasuk dalam kategori sangat baik, 61,53% termasuk dalam kategori baik dan 30,76% termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 77,01 dengan kategori baik. Pada gaya belajar auditori 30% termasuk dalam kategori baik dan 70% termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 71,82 dan termasuk dalam kategori cukup.
Pada gaya belajar kinestetik adalah 69,23% termasuk dalam kategori baik, dan 30,76% termasuk dalam kategori cukup dan memiliki nilai rata-rata 76,06 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan nilai rata-rata akhir menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual dan kinestetik lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki gaya belajar auditori.
Kata Lunci : Model Pembelajaran REACT, Pendekatan SAVI, Gaya Belajar VAK, Hasil Belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REACT DENGAN PENDEKATAN SAVI PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2017/2018 |
---|---|
Pengarang | A.RISMAWATI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2018 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY