Detail Cantuman Kembali
NUR HASNI YUNIANTI - Personal Name

MANAJEMEN PENGINTEGRASIAN KARYA TULIS ILMIAH PADA SKRIPSI MAHASISWA NONBAHASA FKIP

Nur Hasni Yunianti, 2018. Manajemen Pengintegrasian Karya Tulis Ilmiah pada Skripsi Mahasiswa Nonbahasa FKIP. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Widyatmike Gede Mulawarman, M.Hum selaku pembimbing I dan Drs. H. Akhmad Murtadlo, M.Pd selaku pembimbing II.
Menulis merupakan salah satu jenis keterampilan berbahasa ragam tulis yang bersifat produktif dan ekspresif sehingga diperlukan pengetahuan tertentu untuk menjadi penulis professional. Menulis berarti mengekspresikan gagasan, ide, pendapat, dan perasaan secara tertulis. Sarana untuk mewujudkan hal tersebut adalah bahasa. Isi ekspresi melalui menulis akan dimengerti orang lain atau pembaca apabila dituangkan dalam bahasa yang teratur, sistematis, sederhana, dan mudah dimengerti. Menulis karya tulis ilmiah perlu memperhatikan beberapa langkah agar karya tulis ilmiah yang ditulis dapat tersampaikan dengan baik, salah satu karya tulis ilmiah tersebut adalah penulisan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pengintegrasian dan karakteristik karya tulis ilmiah seperti (1) Tahap Penulisan; persiapan, penulisan, pengeditan, (2) Sistematika Skripsi; bagian awal, bagian inti, bagian akhir, dan menganalisis karakteristik karya tulis ilmiah skripsi seperti menyajikan fakta, menyajikan pengertian dan definisi, menguraikan masalah, menerapkan teori, serta membahas dan memecahkan masalah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitiatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, teknik simak, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat data yang tidak sesuai dengan manajemen pengintegrasian karya tulis ilmiah dan karakteristik karya tulis ilmiah seperti
sistematika skripsi yang tidak sesuai disebabkan adanya gaya selingkung seperti tidak mencantumkan definisi konsepsional dan teknik pengambilan sampel. Selain itu, adanya kesalahan dalam penulisan ejaan, kalimat yang tidak efektif, dan penyusunan paragraf yang tidak memenuhi kriteria dalam suatu paragraf.
KATA KUNCI: Manajemen Pengintegrasian, Karya Tulis Ilmiah, Skripsi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MANAJEMEN PENGINTEGRASIAN KARYA TULIS ILMIAH PADA SKRIPSI MAHASISWA NONBAHASA FKIP
Pengarang NUR HASNI YUNIANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua