Detail Cantuman Kembali
INDAH PRATIWI - Personal Name

UPAYA PENGELOLAAN MIGAS BLOK MAHAKAM OLEH PEMERINTAH KALTIM BERSAMA PERTAMINA PASCA KONTRAK KARYA TOTAL 2014-2017

Indah Pratiwi, NIM1102045227, Judul Skripsi “Upaya Pengelolaan Migas Blok Mahakam Oleh Pemeritah Kaltim Bersama Pertamina Pasca Kontrak Karya Total 20142017”,
dibawah bimbingan Ibu Uni Wahyuni Sagena, M.Si, Ph.D. selaku Pembimbing I dan Bapak Jauchar B, S.IP, M.Si selaku Pembimbing II, Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda tahun 2018.
Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya Pengelolaan Blok Mahakam oleh Pemerintah Kaltim bersama Pertamina pasca Kontrak Karya Total. Penelitian ini menggunakan konsep Keamanan Energi dan konsep MNC. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Deskriptif. Data yang disajikan adalah data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Pemerintah Kaltim bersama Pertamina telah berhasil mengambil alih hak kelola Blok Mahakam dari PT.Total E&P Indonesie. Upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah Kaltim diantaranya ialah Gubernur Kaltim mengajak semua pemangku kepentingan daerah untuk berjuang menuntut hak penguasaan ladang migas Blok Mahakam, Pengajuan agar KKS Total tidak diperpanjang, Berkoordinasi dengan PT. Migas Mandiri Pratama (MMP), Perusda Pemprov Kaltim, untuk menyiapkan blue print kesiapan daerah dalam rencana pengelolaan, Mempermudah perizinan terkait alih kelola wilayah kerja Mahakam dari Total E&P Indonesie ke Pertamina Hulu Mahakam (PHM).
Sementara upaya Pertamina telah menyampaikan surat ke pemerintah Indonesia terkait keinginannya dalam mengelola ladang migas Blok Mahakam, pada November 2014 pihaknya telah meninjau cadangan minyak Blok Mahakam,Pertamina juga telah mengirimkan surat kepada Menteri ESDM dengan maksud bahwa Pertamina siap untuk mengelola Blok Mahakam, Pertamina telah menyerahkan proposal pengelolaan Blok Mahakam kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Februari 2015, Pertamina telah menyiapkan sejumlah persiapan, yakni percepatan pengeboran di 15 sumur hingga akhir tahun 2017 dan melakukan penebalan reservoir.
Keyword: Blok Mahakam, East Kalimantan Government, Pertamina, Total E&P.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UPAYA PENGELOLAAN MIGAS BLOK MAHAKAM OLEH PEMERINTAH KALTIM BERSAMA PERTAMINA PASCA KONTRAK KARYA TOTAL 2014-2017
Pengarang INDAH PRATIWI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua