Detail Cantuman Kembali
EMILIYANAH - Personal Name

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 1 KALIORANG (Materi Usaha dan Energi)

Emiliyanah, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kaliorang (Materi Usaha dan Energi). Penelitian ini dibawah
bimbingan Dr. H. Johansyah, M.Pd.M.Si selaku pembimbing I dan Hj. Muliati Syam, S.Pd.M.Pd selaku pembimbing II.
Model pembelajaran Advance Organizer adalah model pembelajaran yang dapat menciptakan proses pembelajaran yang bermakna. Model pembelajaran Advance Organizer merupakan suatu cara belajar untuk memperoleh pengetahuan baru yang dikaitkan dengan pengetahuan yang telah ada pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Advance
Organizer terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kaliorang pada materi usaha dan energi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kaliorang yakni pada kelas X IPA 1 yang berjumlah 26 siswa.
Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Advance Organizer. Berdasarkan hasil perhitungan uji t berpasangan menggunakan aplikasi SPSS 21 pada taraf signifikansi (a) = 0,05, didapatkan t hitung ˃ t tabel yaitu 45,432 ˃ 2,059, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Advance Organizer terhadap hasil belajar fisika siswa.

Kata kunci : Model Pembelajaran Advance Organizer, Hasil Belajar, Usaha dan Energi.










Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 1 KALIORANG (Materi Usaha dan Energi)
Pengarang EMILIYANAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua