Detail Cantuman Kembali
MATAALLO RONALD ARISNDI - Personal Name

SINKRONISASI ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA KEGIATAN PENGUPASAN TANAH PENUTUP (OVERBURDEN) DI PT. GUNUNG BAYAN PRATAMA COAL KECAMATAN JEMPANG KABUPATEN KUTAI BARAT PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Pada tambang batu bara, produksi merupakan unit nadi perusahan, namun di dalam kegiatan produksi tersebut melibatkan banyak unsur dan komponen yang saling berkaitan dan berpengaruh satu sama lain. Salah satunya adalah penggunaan alat mekanis. Tujuan dari penggunaan alat mekanis ini adalah memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaan dalam skala besar. Pemilihan alat yang benar dan terencana akan memperlancar produksi, sehingga akan mencapaihasil produksi yang maksimal.
Permasalahan yang menyebabkan target produksi tidak sesuai dengan yang diharapkan adalah karena adanya beberapa hambatan yang terjadi. Akan tetapi beberapa hambatan tersebut seharusnya dihindari melainkan jika hambatan tersebut merupakan suatu yang tidak dapat dihindari. Contohnya hambatan yang disebabkan oleh alam (hujan). Metode yang digunakan dalam pengupasan tanah adalahStrip Mine. Pengupasan lapisan tanah penutup tidak menggunakan pekedakan tetapi menggunakan alat-alat mekanis dikarenakan materialnya relative lunak. Daerah pengupasan lapisan tanah terdiri dari fleet, terdiri dari 1 unit alat gali muat dan 3 unit alat angkut.
Tujuan dari laporan ini adalah untuk mengetahui jumlah rata-rata waktu edar ataucycle timealat gali muat (Excavator Backhoekomatsu PC 1250) dengan alat angkut (Dump Truck Caterpilar 365), sertamatch faktor/sinkronisasi kedua alat tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengamatan dilapangan didapat cycle timerata-rata alat gali muat (Excavator Backhoe komatsu PC 1250) adalah 0,34 menit, sedangkan alat angkut (Caterpilar HD 465-36) 7,53 menit, (Caterpilar HD 465-33) 7,48 menit dan (Caterpilar HD 465-31) 7,47 menit, dari hasil perhitungan didapat hasil produksi perbulan dari alat gali muat (Excavator Backhoekomatsu PC 1250) adalah 70.475,62 Bcm/bulan, dan produksi alat angkut (Caterpilar HD 465-36) sebesar 9.676,14 Bcm/bulan, (Caterpilar HD 465-33) sebesar 13.062,17 Bcm/bulan dan (Caterpilar HD 465-31) sebesar 10.590,85 Bcm/bulan. Efisiensi kerja alat gali muat adalah 33,9 %, dan alat angkut sebesar 26%, 30,14% dan 27,17%. Untukmatch faktor/sinkronisasi didapat nilai 0,62.
Kata Kunci : Alat Gali Muat dan Angkut, Sinkronisasi, Produktifitas

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SINKRONISASI ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA KEGIATAN PENGUPASAN TANAH PENUTUP (OVERBURDEN) DI PT. GUNUNG BAYAN PRATAMA COAL KECAMATAN JEMPANG KABUPATEN KUTAI BARAT PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Pengarang MATAALLO RONALD ARISNDI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua