Detail Cantuman Kembali
MERANTI EKA PUTRI - Personal Name

PENGEMBANGAN EKOWISATA DI TAMAN NASIONAL BETUNG KERIHUN DALAM KERANGKA HEART OF BORNEO

Meranti Eka Putri, NIM. 1102045116, Judul Skripsi Pengembangan Ekowisata di Taman Nasional Betung Kerihun dalam Kerangka Heart of Borneo di bawah bimbingan Ibu Aisyah, S. IP, MA, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Angkatan 2011.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan ekowisata di Taman Nasional Betung Kerihun di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat dalam Kerangka Heart of Borneo pada tahun 2009 hingga 2013. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah jenis deskriptif. Data-data yang disajikan dalam penelitian ini adalah sekunder yang diperoleh dari telaah pustaka berupa buku-buku, laporan-laporan, dan sumber online resmi yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Teknik analisa dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan ekowisata di Taman Nasional Betung Kerihun dilakukan melalui kegiatan tur wisata yang meliputi kegiatan memancing, trekking, rafting, menjelajahi hutan, mengamati satwa liar, serta homestay. Tur ini sendiri dijalankan oleh Kompakh yang merupakan NGO aktif dalam kegiatan-kegiatan pengembangan ekowisata di Kapuas Hulu termasuk kawasan TNBK. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), berafiliasi dengan WWF – Putussibau, Kompakh, dan masyarakat setempat. Disbudpar bertugas mengembangkan fasilitas dasar pariwisata dan melakukan beberapa pelatihan ekowisata termasuk dalam pelatihan pemandu wisata.Kegiatan lainnya yang dilakukan oleh WWF, meliputi kegiatan seri diskusi, kegiatan penyadartahuan dan peningkatan kapasitas masyarakat, kegiatan pengembangan destinasi seperti pembentukan kelompok pengelola pariwisata, dan promosi melalui sosial media.
Kata Kunci : Pengembangan Ekowisata, Heart of Borneo, TNBK


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN EKOWISATA DI TAMAN NASIONAL BETUNG KERIHUN DALAM KERANGKA HEART OF BORNEO
Pengarang MERANTI EKA PUTRI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua