Detail Cantuman Kembali
SANDIKA KURNIAWAN - Personal Name

PENGARUH CARA PENYIMPANAN BAHAN BAKU DAN JENIS PELARUT TERHADAP KARAKTERISTIK EKSTRAK PROTEINIKAN GABUS (Channa striata)

Sandika Kurniawan, 2018. Pengaruh Cara Penyimpanan Bahan Baku dan Jenis Pelarut Terhadap Karakteristik Ekstrak Protein Ikan Gabus (Channa striata). (Dibimbing oleh Andi Noor Asikin dan Indrati Kusumaningrum).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara penyimpanan bahan baku terhadap karakteristik ekstrak protein ikan gabus (C. striata) dan untuk mengetahui pengaruh jenis pelarut terhadap karakteristik ekstrak protein ikan gabus (C. striata). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Pola Faktorial dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama pada penelitian ini adalah cara penyimpanan bahan baku (pendinginan dan pembekuan) dan faktor kedua menggunakan jenis pelarut (NaCl 0,9 %dan HCl 0,1 M). Parameter pengamatan pada penelitian ini adalah rendemen dan kandungan proksimat (kadar air, kadar abu, kadar protein dan kadar lemak). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA (Analysis of Variance). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan cara penyimpanan bahan baku tidak berpengaruh terhadap karakteristik ekstrak protein ikan gabus (C. striata), sedangkan jenis pelarut berpengaruh terhadap karakteristik ekstrak protein ikan gabus (C. striata). Hasil terbaik dari penelitian ini diperoleh pada perlakuan cara penyimpanan pendinginan dengan jenis pelarut HCl 0,1 Myang memiliki nilai rendemen 3,03 %, kadar air 12,42 %, kadar protein 63,33 %, kadar lemak 1,77 %dan kadar abu 22,48 %.
Kata kunci : ikan gabus, rendemen, karakteristik ekstrak protein

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH CARA PENYIMPANAN BAHAN BAKU DAN JENIS PELARUT TERHADAP KARAKTERISTIK EKSTRAK PROTEINIKAN GABUS (Channa striata)
Pengarang SANDIKA KURNIAWAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua