Detail Cantuman Kembali
Bagus Setiawan - Personal Name

PERAN PENYULUHAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PEMBUDIDAYA RUMPUT LAUT DI KELURAHAN BONTANG KUALA KECAMATAN BONTANG UTARA

BAGUS SETIAWAN, 2018. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman. Peran Penyuluhan Terhadap Peningkatan Pendapatan Pembudidaya Rumput Laut di Kelurahan Bontang Kuala Kecamatan Bontang Utara ( dibimbing oleh H. Helminuddin dan Isriansyah ).
Penelitian ini dilaksanakan selama 12 bulan mulai bulan Juli 2017 hingga Juni 2018 di Bontang Kuala Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang.
Metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode sensus dimana semua anggota populasi (15 orang pembudidaya) dijadikan responden. Pengumpulan data utama dengan wawancara menggunakan kuesioner. Data diolah dengan pengukuran menggunakan Skala Likert, sedangkan pendapatan dianalisis dari komponen penerimaan dan biaya.
Hasil penelitian menunjukan: (1) Penyuluh berperan sebagai pembimbing, organisator, dinamisator, teknisi dan penghubung dalam menyebarkan ilmu dan teknologi, serta membantu berbagai kegiatan usaha dalam rangka meningkatkan pendapatan pembubidaya rumput laut di Kelurahan Bontang Kuala Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang; (2) Pendapatan rata-rata pembudidaya rumput laut di Bontang Kuala sebesar Rp 2.399.500/Masa Panen, dan nilai RCR 2.0 ( RCR > 1), berarti penerimaan yang diperoleh sebesar 2 kali biaya yang diinvestasikan, sehingg usaha budidaya rumput laut di Kelurahan Bontang Kuala Kecamatan Bontang Utara termasuk katagori usaha yang menguntungkan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN PENYULUHAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PEMBUDIDAYA RUMPUT LAUT DI KELURAHAN BONTANG KUALA KECAMATAN BONTANG UTARA
Pengarang Bagus Setiawan - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua