Detail Cantuman Kembali

ANALISIS MITIGASI RISIKO RANTAI PASOK NUGGET UDANG UD KAYA RASA MENGGUNAKAN METODE FRAME (FRAMEWORK OF RISK ANALYSIS AND MITIGATION EFFECTIVENESS)

Setiap aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan tidak akan terlepas dari adanya risiko dan ketidakpastian pada rantai pasoknya. Risiko rantai pasok dapat didefinisikan sebagai kerusakan yang mempunyai kemungkinan terjadi yang disebabkan oleh suatu kejadian. Penelitian in dilakukan pada kegiatan rantai pasok nugget udang di UD Kaya Rasa yang dalam aktivitasnya menghadapi berbagai risiko. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengelolaan risiko bagi UD Kaya Rasa menggunakan metode FRAME (Framework Of Risk Analysis And Mitigation Effectiveness). Metode FRAME adalah suatu metode empat fase yang berdaya guna dalam pengelolaan risiko yang memberikan kemudahan dalam menganalisis dampak strategi mitigasi terhadap frekuensi dan keparahan dampak risiko. Metode FRAME memberikan kemudahan dalam menganalisis dampak strategi mitigasi terhadap frekuensi dan keparahan
dampak risiko, pertimbangan aspek kemampuan deteksi dan pengawasan terhadap kemunculan risiko. Fase pertama adalah identifikasi risiko dengan metode SCOR terhadap proses bisnis source, make, dan deliver, sehingga didapatkan 6 risiko source, 10 risiko make, dan 5 risiko deliver. Fase kedua adalah analisis evaluasi risiko dengan menentukan risiko tertinggi berdasarkan nilai RPN dengan metode FMECA (Failure Mode, Effect, and Criticality Analysis) pada kategori severity, occurance, dan detection, sehingga didapatkan RPN tertinggi sebesar 294 pada risiko proses produksi tidak efisien dan 252 pada risiko produk yang dihasilkan tidak standar.
Fase ketiga adalah pengembangan model simulasi terhadap risiko tertinggi dengan memodelkan ke causal loop diagram dan stock and flow diagram dengan metode sistem dinamik dan menentukan formulasi tiap variabel dengan software STELLA 9.1.3. Langkah berikutnya yait melakukan verifikasi dan validasi terhadap model simulasi dan menentukan skenario mitigasirisiko yang meliputi penambahan peralatan (skenario 1), peningkatan keterampilan tenaga kerja (skenario 2), dan penggabungan skenario 1 dan 2 (skenario 3). Fase keempat pemilihan skenari terbaik dengan simulasi. Dari 3 skenario mitigasi yang disimulasikan, alternatif terbaik adalah skenario ke-3 dengan pengurangan nilai risiko proses produksi tidak efisien sebesar 44%, lalu pengurangan risiko produk yang dihasilkan tidak standar sebesar 36,11%, dan mengalami pengurangan jumlah nugget udang tidak standar sebesar 35,71%.

Kata Kunci: UD Kaya Rasa, Manajemen Risiko, Risiko Rantai Pasok, Strategi Mitigasi Risiko, dan FRAME


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS MITIGASI RISIKO RANTAI PASOK NUGGET UDANG UD KAYA RASA MENGGUNAKAN METODE FRAME (FRAMEWORK OF RISK ANALYSIS AND MITIGATION EFFECTIVENESS)
Pengarang Hendrik Vicarlo Saragih Manihuruk - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua