Detail Cantuman Kembali
DEVI AMALIAH - Personal Name

UJI FITOKIMIA DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN PADA EKSTRAK METANOL, FRAKSI N-HEKSANA, FRAKSI ETIL ASETAT DAN FRAKSI METANOL SISA RIMPANG TEMU HITAM (Curcuma aeruginosa Roxb.)

Uji fitokimia dan aktivitas antioksidan rimpang temu hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.) telah dilakukan. Rimpang temu hitam dimaserasi dengan metanol dan dipekatkan menggunakan rotary evaporator. Ekstrak methanol difraksinasi hingga didapatkan fraksi n-heksana, etil asetat dan metanol sisa.
Selanjutnya dilakukan skrining fitokimia dengan metode Kromatografi Lapis Tipi (KLT) serta uji aktivitas antioksidan dengan metode 1,1-Diphenyl-2-Picrylhydrazyl (DPPH). Pada uji aktivitas antioksidan, sampel diinkubasi selama 30 menit pada suhu 37 °C, kemudian absorbansinya diukur pada λ=517 nm menggunakan spektrofotometer. Berdasarkan hasil skrining fitokimia, diketahui bahwa ekstrak metanol mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, polifenol dan terpenoid/steroid.
Fraksi n-heksana mengandung senyawa alkaloid, flavonoid dan terpenoid/steroid.
Fraksi etil asetat mengandung senyawa alkaloid, flavonoid dan polifenol. Fraksi metanol sisa mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, polifenol dan terpenoid/steroid. Lebih lanjut lagi, uji aktivitas antioksidan menunjukkan nilai Inhibitory Concentration (IC50) untuk ekstrak metanol, fraksi n-heksana, fraksi etil asetat dan fraksi metanol sisa rimpang temu hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.) masing-masing adalah 283,411; 686,295; 134,100 dan 234,552 µg/mL. Dari hasil uji aktivitas antioksidan dapat disimpulkan bahwa fraksi etil asetat memiliki potensi
sedang sebagai antioksidan.

Kata Kunci: Curcuma aeruginosa Roxb, Skrining fitokimia, KLT, antioksidan, DPPH.



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UJI FITOKIMIA DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN PADA EKSTRAK METANOL, FRAKSI N-HEKSANA, FRAKSI ETIL ASETAT DAN FRAKSI METANOL SISA RIMPANG TEMU HITAM (Curcuma aeruginosa Roxb.)
Pengarang DEVI AMALIAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua