PENGARUH MODEL C3PDR TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman konsep fisika dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam bidang sains.
Sampelnya adalah siswa MIPA kelas X yang terdiri dari 36 siswa dipilih menggunakan purposive sampling. Jenis penelitian yang adalah penelitian kuantitatif. Data pemahaman konsep diambil menggunakan tes sedangkan data berpikir kreatif menggunakan kriteria tes berpikir kreatif yang dikembangkan oleh Farah (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model C3PDR terbukti mampu meningkatkan pemahaman konsep fisika dan keterampilan berpikir kreatif siswa hal ini ditandai dengan nilai N-Gain pemahaman konsep sebesar 0.73 dengan kategori tinggi dan hasil uji t yang signifikan sebesar 0.000 (p < 0.05). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa ditandai dengan nilai N-Gain sebesar 0.40 dengan kategori sedang serta menunjukkan hasil uji t yang signifikan sebesar 0.000 (p < 0.05).
Kata Kunci: Model C3PDR, Pemahaman Konsep Fisika, Keterampilan Berpikir Kreatif
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL C3PDR TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | DEVI OCTAVIA WIRANI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2018 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY