Detail Cantuman Kembali
LEILLY PUJI RAHAYU - Personal Name

PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA SMP NEGERI 27 SAMARINDA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan kontrol diri terhadap perilaku agresif pada remaja SMP Negeri 27 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja kelas VIII sebanyak 228 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah remaja sebanyak 90 orang yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling.
Metode pengumpulan data menggunakan skala perilaku agresif, pola asuh orangtua, dan control diri dengan model skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 20.0 for windows.
Hasil penelitian dengan taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku agresif dengan koefisien beta (ß) = 0.070, serta nilai t hitung < t tabel (0.684 < 1.987), dan nilai p = 0.496 (p < 0.05); (2) ada pengaruh positif dan signifikan kontrol diri terhadap perilaku agresif dengan koefisien beta (ß) = 0.325, serta nilai t hitung > t tabel (3.166 > 1.987), dan nilai p = 0.002 (p < 0.050); (3) ada pengaruh positif dan signifikan
pola asuh orang tua dan kontrol diri terhadap perilaku agresif dengan nilai f hitung = 5.955 > f tabel =3.10, dan nilai p = 0.004 (p < 0.050). Kontribusi pengaruh (R)
pola asuh orang tua dan control diri terhadap perilaku agresif adalah sebesar 0.120 atau 12 persen.

Kata kunci: perilaku agresif, pola asuh orangtua, dan kontrol diri


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA SMP NEGERI 27 SAMARINDA
Pengarang LEILLY PUJI RAHAYU - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua