Detail Cantuman Kembali
Andi - Personal Name

UNGKAPAN TRADISIONAL BAHASA PASER DI DESA SAWIT JAYA KECAMATAN LONG IKIS KABUPATEN PASER (KAJIAN SASTRA LISAN)

Andi. Ungkapan Tradisional Bahasa Paser di Desa Sawit Jaya Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser (Kajian Sastra Lisan). Skripsi program studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Endang Dwi Sulistyowati, M.Si., pembimbing I dan Drs. H. Akhmad Murtadlo, M.Pd., pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk ungkapan, jenis ungkapan, makna ungkapan, dan penggunaan ungkapan tradisional bahasa Paser di Desa Sawit Jaya Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang diharapkan dapat menggambarkan penelitian dengan cara menganalisis hasil penelitian tentang ungkapan bahasa Paser.
Setelah data diperoleh dan dianalisis maka penulis menyimpulkan bahwa ada 35 Ungkapan Tradisional Bahasa Paser di Desa Sawit Jaya Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser, yaitu sedaun kayu, erai buntung, bao arong, keleputung lalo kalokombang tang, pita bura, bura balo, korik, empulu burok, bolum kolat, telingo beliai, telingo sogon, paka duo, mean kayang, botis payau, kono bigiyo, boto boa,selangui la boyan, ronto, rinsik boa, ronu la sori dikur, posa pengenanam, gado boa, kelato botis, kelato kayang, puya dombo tungku, bura mato, pea asu, uwok denia, uwok payo, loma uyat, deo boa, kuret regok, kuman mato olo, danum tawar, ngoit mato. Bentuk ungkapan tradisional bahasa Paser di Desa Sawit Jaya Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser terbagi menjadi tiga, yaitu kata sebagai ungkapan ada 2, frase sebagai ungkapan ada 31, dan kalimat sebagai ungkapan ada 2. Jenis ungkapan tradisional bahasa Paser di Desa Sawit Jaya Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser terbagi menjadi tiga, yaitu ungkapan yang berasal dari anggota tubuh ada 16, ungkapan yang berasal dari lingkungan tempat tinggal ada 12, dan ungkapan yang berasal dari alam sekitar ada 7. Makna ungkapan tradisional bahasa Paser di Desa Sawit Jaya Kecamatan Long Ikis Kabupate Paser ialah makna kias yang berjumlah 35 ungkapan. Penggunaan ungkapan tradisional bahasa Paser di Desa Sawit Jaya Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser terbagi menjadi empat, yaitu ungkapan sebagai sindiran ada 13, ungkapan sebagai nasihat ada 13, ungkapan sebagai makian ada 2, dan ungkapan sebagai ejekan ada 5.
Kata Kunci: Deskripsi, Ungkapan, Bahasa Paser.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UNGKAPAN TRADISIONAL BAHASA PASER DI DESA SAWIT JAYA KECAMATAN LONG IKIS KABUPATEN PASER (KAJIAN SASTRA LISAN)
Pengarang Andi - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua